Nisfu Syaban Sebentar Lagi! Yuk Simak Apa Saja Keutamaanya

apa sih keutamaan Nisfu Syaban? Nah yuk simak di bawah ini
apa sih keutamaan Nisfu Syaban? Nah yuk simak di bawah ini
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRES – Nisfu Syaban merupakan malam istimewa bagi umat Islam, karena dipenuhi dengan keberkahan dan ampunan. Sehingga banyak amalan yang dianjurkan untuk dilakukan pada malam ini.

Berikut adalah 7 keutamaan malam Nisfu Syaban:

1. Ampunan dosa: 

Di malam Nisfu Syaban, Allah SWT membuka pintu ampunan yang lebar bagi hamba-Nya. Bahkan, dalam hadis disebutkan akan mengampuni seluruh dosa hamba-Nya kecuali orang musyrik dan yang bermusuhan.

2. Ditetapkan amalan tahunan: 

Pada malam lailah al ijabah ini, Allah SWT akan menetapkan amalan-amalan hamba-Nya untuk satu tahun ke depan. 

Baca Juga:7 Jurusan Kuliah yang Banyak Diminati dan Memiliki Peluang Kerja LuasAkibat Honor Kecil, Satgas Linmas di Nagam Raya Ngamuk Patahkan Meja

Dimana hal ini menjadi momen istimewa untuk memohon, agar kita diberikan amalan-amalan yang baik dan dijauhkan dari perbuatan buruk.

3. Dikabulkan doa: 

Doa-doa yang dipanjatkan pada malam lailah al ijabah diyakini lebih mudah dikabulkan oleh Allah SWT, hingga menjadi kesempatan untuk memohon berbagai kebaikan dan hajat.

4. Peningkatan pahala: 

Pahala ibadah yang dilakukan pada malam lailah al ijabah dilipatgandakan oleh Allah SWT, hingga menjadi motivasi untuk memperbanyak ibadah pada malam mulia ini.

5. Pertemuan dengan malaikat: 

Dalam sebuah riwayat disebutkan bahwa pada malam lailah al ijabah, para malaikat turun ke bumi untuk mendoakan mereka dan mencatat amal-amal mereka.

6. Penyaksian amal: 

Rasulullah SAW bersabda bahwa pada malam lailah al ijabah, Allah SWT memerintahkan malaikat Jibril untuk turun ke bumi dan menyaksikan amal-amal hamba-Nya.

7. Pengingat untuk mempersiapkan Ramadan: 

Malam lailah al ijabah bisa menjadi pengingat bagi umat Islam, untuk mempersiapkan diri menyambut bulan suci Ramadan yang akan datang.

Selain keutamaan di atas, dianjurkan untuk memperbanyak amalan kebaikan pada malam Nisfu Syaban, seperti:

  • Sholat sunnah, seperti sholat tahajud dan sholat hajat.
  • Membaca Al-Qur’an.
  • Berdzikir dan berdoa.
  • Puasa sunnah pada hari Nisfu Syaban.
  • Mengeluarkan sedekah dan zakat.
  • Membaca sholawat nabi.
  • Bertaubat dan memohon ampun atas dosa-dosa yang telah dilakukan.

Malam lailah al ijabah merupakan kesempatan istimewa untuk lebih dekat dengan Allah SWT, dan mendapatkan limpahan rahmat dan ampunan-Nya. 

0 Komentar