Mengapa Bulan Ramadhan Sangat Dinantikan? Berikut Deretan Keistimewaanya

bulan ramadhan
6 keistimewaan bulan ramadhan
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRES – Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh keistimewaan, dan dinantikan oleh umat Islam di seluruh dunia. Selain itu, kita juga memiliki kesempatan untuk mendapatkan pahala berlipat ganda. 

Menariknya, bulan Ramadhan ini juga menjadi momen pas untuk berkumpul dengan keluarga dan teman, serta meningkatkan solidaritas dan kepedulian sosial.

Berikut beberapa alasan mengapa bulan Ramadhan begitu istimewa:

1. Bulan Diturunkannya Al-Qur’an:

Bulan puasa ini merupakan bulan di mana Al-Qur’an diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW.

Baca Juga:Siap Terjang Segala Badai, Rancangan Suzuki Jimny 5 Pintu Jadi SorotanSalute! Ganjar Pranowo Kunjungi IIMS Sebagai Bentuk Dukungan

Dimana Al-Qur’an sendiri adalah kitab suci umat Islam, yang berisi panduan hidup dan petunjuk untuk mencapai kebahagiaan di dunia dan akhirat.

2. Bulan Pengampunan Dosa:

Bulan puasa adalah bulan penuh ampunan dan rahmat dari Allah SWT. Di bulan ini, Allah SWT membuka pintu ampunan selebar-lebarnya bagi hamba-Nya yang bertaubat dengan sungguh-sungguh.

3. Pahala Berlipat Ganda:

Setiap amal kebaikan yang dilakukan di bulan puasa akan dilipatgandakan pahalanya oleh Allah SWT, hingga menjadi motivasi untuk memperbanyak ibadah di bulan Ramadhan.

4. Malam Lailatul Qadar:

Di bulan puasa terdapat satu malam yang lebih baik dari seribu bulan yaitu malam Lailatul Qadar, yang merupakan malam penuh kemuliaan dan keberkahan.

5. Puasa Ramadhan:

Salah satu ibadah wajib di bulan Ramadhan adalah puasa. 

Puasa bukan hanya menahan lapar dan dahaga, tetapi juga melatih diri untuk mengendalikan hawa nafsu dan meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT.

6. Meningkatkan Solidaritas dan Kepedulian Sosial:

Bulan Ramadhan menjadi momen untuk meningkatkan solidaritas dan kepedulian sosial antar sesama, dimana banyak kegiatan sosial yang dilakukan seperti berbagi makanan kepada orang yang tidak mampu, dan zakat fitrah.

0 Komentar