Inilah Jadwal 1 Ramadan 2024 Menurut Muhammadiyah, Pemerintah dan NU 

Bulan Ramadhan
Bulan Ramadhan adalah bulan suci yang selalu ditunggu-tunggu oleh umat muslim, bahkan banyak sekali hal-hal baik dalam bulan suci ini.
0 Komentar

SUKABUMIEKSPRES – Bulan Ramadhan adalah bulan suci yang selalu ditunggu-tunggu oleh umat muslim, bahkan banyak sekali hal-hal baik dalam bulan suci ini. 

Lantas, untuk tahun ini kapan 1 Ramadhan 2024?. 

Ramdhan merupakan bulan kesembilan dalam kalender Hijriah, Pada bulan ini, seluruh umat Islam akan melaksanakan ibadah puasa wajib selama satu bulan penuh. 

Bulan Ramadhan dapat menjadi momen bagi umat muslim untuk berlomba-loba dalam melaksanakan kebaikan dan ketakwaan kepada Allah SWT. 

Baca Juga:Kenali Sifat dan Karakter Gemini yang Punya Tidak Stabilan Dalam EmosionalTaurus Mempunyai Ketangguhan dan Kekuatan yang Tinggi

Oleh sebab itu, bulan Ramdhan sangat dinantikan oleh para kedatangannya. 

– Inilah Sejarah Bulan Ramadhan. 

1. Diturunkannya Al-Qur’an: Ramadhan memiliki keterkaitan yang erat dengan Al-Qur’an. Dalam bulan ini, Al-Qur’an pertama kali diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW oleh Allah melalui malaikat Jibril (Gabriel). 

Kejadian ini terjadi pada malam Lailatul Qadr, yang konon terjadi pada salah satu malam ganjil di 10 malam terakhir bulan Ramadhan.

2. Waktu Penetapan Puasa: Puasa di bulan Ramadhan diwajibkan pada tahun kedua Hijriah. Sebelumnya, puasa di bulan Ramadhan dianjurkan. 

Tetapi kewajiban puasa diwajibkan pada tahun kedua Hijriah sebagai perintah Allah dalam Al-Qur’an.

3. Bulan Pelatihan Keimanan dan Ketakwaan: Ramadhan adalah waktu di mana umat Islam berfokus pada peningkatan keimanan dan ketakwaan. 

Puasa di bulan ini tidak hanya mencakup menahan diri dari makan dan minum, tetapi juga menuntut umat Islam untuk meningkatkan kualitas spiritual dan moral mereka.

Baca Juga:Naruto Part 2 : Naruto Kembali ke Desa Setelah Pelatihan Intensif Bersama JiraiyaNaruto Part 1 Menceritkan Seorang Anak Yatim Piatu yang Dijauhi Masyarakat Desa Konoha

4. Peristiwa Bersejarah: Beberapa peristiwa penting dalam sejarah Islam juga terjadi selama bulan Ramadhan. 

Seperti Pertempuran Badr yang berlangsung pada 17 Ramadhan pada tahun ke-2 Hijriah.

5. Solidaritas dan Kepedulian Sosial: Selama bulan Ramadhan, umat Islam juga dianjurkan untuk meningkatkan kepedulian sosial dan solidaritas dengan kaum miskin dan less fortunate. 

Zakat dan sedekah menjadi amalan yang lebih ditekankan, dan banyak umat Islam yang lebih aktif dalam membantu sesama.

Namun, untuk saat ini para pendatangnya sedang menunggu Bulan Ramadhan, Inilah menurut Muhammadiyah, NU dan Pemerintah. 

1 Ramadan Versi Muhammadiyah.

0 Komentar