Pegawai Berkurang, Pemkot Bakal Rekrutmen P3K dan CPNS

Didin Syarifudin Kepala BKPSDM Kota Sukabumi
Didin Syarifudin Kepala BKPSDM Kota Sukabumi
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRES– Pemerintah Kota (Pemkot) Sukabumi segera membuka pendaftaran Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) dan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada Mei tahun ini.

Rekrutmen dipandang perlu mengingat banyak kekosongan pegawai akibat pensiun. Informasi beredar, kuota formasi tahun ini sebanyak 200 orang dengan rincaian 150 P3K dan 50 PNS.

“Jadi, hasil dari pengajuan setiap dinas formasinya sesuai kebutuhan. Misalnya ada yang membutuhkan lulusan manajemen, akutansi, pertanian dan tenaga lainnya sesuai dengan pengajuan dari dinas yang membutuhkan,” ujar Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Sukabumi, Didin Syarifudin, kepada wartawan, Selasa (27/2).

Baca Juga:DP2KBP3A Kota Sukabumi Dorong Raperda Pengarusutamaan GenderRumah Rusak Terdampak Gempa

Pembukaan pendaftaran P3K dan CPNS ini dilakukan sebagai upaya untuk kekurangan tenaga kerja. Pasalnya, setiap bulan, ASN yang memasuki masa purnabakti kisaran 14-20 orang.

Kondisi ini, tentunya membuat jumlah ASN di Kota Sukabumi kian berkurang.

“Pada tahun lalu saja sekitar 180 ASN pensiun dan pada Januari tahun ini terdapat 12 orang purnatugas,” jelasnya.

Jumlah penerimaan P3K lebih banyak dibanding CPNS. Namun menurut Didin hal itu tetap dapat menggantikan jumlah ASN yang berkurang setiap bulannya.

“Terlebih saat ini banyaknya THL (Tenaga Harian Lepas) yang jumlahnya ribuan. Sehingga, kami mengangkatnya untuk menjadi P3K sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan para THL,” ucapnya.

Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji menambahkan, idealnya jumlah pengangkatan CPNS minimal harus dapat menutupi semua PNS yang sudah pensiun.

“Pada tahun lalu ada sekitar 180 PNS yang pensiun. Sehingga pada tahun ini kami berencana membuka pendaftaran P3K dan CPNS. Meskipun jumlahnya kebanyakan untuk P3K, tapi setidaknya bisa menggantikan PNS yang sudah pensiun,” tambahnya. (mg4)

0 Komentar