Mahasiswa KKN UNP Bangun Kolaborasi Berkelanjutan

Berbagai kalangan berfoto bersama seusai peresmian Pojok Ekonomi Kreatif
Berbagai kalangan berfoto bersama seusai peresmian Pojok Ekonomi Kreatif yang diinisiasi mahasiswa KKN Universitas Nusa Putra di Desa Karangpapak Kecamatan Cisolok Kabupaten Sukabumi, kemarin.
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRES – Mahasiswa Universitas Nusa Putra (UNP) yang sedang melaksanakan kuliah kerja nyata (KKN) meresmikan Pojok Ekonomi Kreatif di Hotel Pantai Mutiara Desa Karangpapak Kecamatan Cisolok Kabupaten Sukabumi, Senin (18/3).

Peresmian dihadiri kepala desa setempat, camat setempat, Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi, aparatur desa, RT/RW, dan masyarakat Desa Karangpapak.

Pojok Ekonomi Kreatif merupakan inisiasi para mahasiswa KKN untuk menjembatani kolaborasi antara pelaku ekonomi lokal dengan pelaku usaha pariwisata yaitu Hotel Pantai Mutiara, Villa Kasep Geulis, dan Villa Putih.

Baca Juga:Sepi Pengunjung saat RamadanCakupan BPJS Ketenagakerjaan Terbaik Kedua di Jabar

Pada peresmiannya dilakukan penempatan berbagai produk UMKM masyarakat Desa Karangpapak pada etalase Pojok Ekonomi Kreatif di resort atau hotel yang telah bekerja sama sebagai langkah awal untuk meningkatkan eksposur produk lokal.

Perwakilan Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi, Nasrudin Haetami, mengapresiasi diresmikannya Pojok Ekonomi Kreatif. Menurutnya, upaya ini merupakan langkah progresif mendorong pertumbuhan ekonomi lokal.

“Kolaborasi ini akan memberikan dampak positif yang signifikan bagi pengembangan pariwisata dan ekonomi desa,” kata Nasrudin.

Camat Cisolok, Jaenal Abidin, mengaku bangga dan mengapresiasi upaya mahasiswa KKN Universitas Nusa Putra untuk membangun kerja sama yang erat antara pelaku ekonomi kreatif dengan sektor pariwisata.

“Ini merupakan langkah yang tepat dalam mendukung pembangunan ekonomi di Kecamatan Cisolok,” katanya.

Kepala Desa Karangpapak, Agus Supriatna, menyebut Pojok Ekonomi Kreatif merupakan langkah yang tepat menghadirkan peluang baru bagi pelaku ekonomi lokal.

“Saya berharap kerjasama ini dapat terus berlanjut dan memberikan manfaat bagi masyarakat desa,” tegasnya.

Baca Juga:Said Aqil Siradj: Politik Identitas haram dalam Al-QuranPartai Golkar Mulai Fokus Pilkada usai Menang Besar Pileg

Ketua Kelompok KKN Universitas Nusa Putra, Rip’an Mukti, mengaku bangga bisa menjembatani kolaborasi ini. Pasalnya, ada berbagai tahapan yang harus dilalui sebelum bisa mewujudkan Pojok Ekonomi Kreatif.

“Setelah peningkatan standar kualitas dari produk ekonomi kreatif mulai dari kemasan, legalitas, manajemen keuangan usaha hingga efisiensi produksi akhirnya kita bisa meningkatkan nilai dari produk ekonomi kreatif untuk beberapa target pasar yang berbeda,” tegas Rip’an.

KKN merupakan program wajib bagi mahasiswa Universitas Nusa Putra untuk berkontribusi langsung pada masyarakat.

Di Desa Karangpapak, sejumlah mahasiswa dari berbagai jurusan telah berpartisipasi dalam program ini dengan penuh semangat dan dedikasi.

0 Komentar