Pembangunan Rabat Beton di RW07 Sindangpalay Dinilai Tim P2RW Pemkot Sukabumi

Tim penilai Pelaksanaan Program P2RW
Tim penilai Pelaksanaan Program P2RW saat mendatangi RW007, Perum Sindangpalay, Kecamatan Cibereum, Kota Sukabumi untuk melakukan penilaian.
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRES – Tim penilai Pelaksanaan Program Pemberdayaan Rukun Warga (P2RW) mendatangi RW007, Perum Sindangpalay, Kelurahan Singdangpalay Kecamatan Cibereum, Kota Sukabumi untuk melakukan penilaian.

Dimana RW007 Kelurahan Sindangpalay merupakan pelaksana terbaik di tingkat kecamatan pada tahun 2023. Diketahui, walaupun hanya dengan alokasi anggaran Rp25 juta, masyarakat setempat mampu melakukan pembangunan jalan dengan Rabat Beton sepanjang 165 meter. 

Walaupun anggaran itu kurang, namun warga mampu memberikan partisipasi atau swadaya masyarakat sebesar Rp41 juta untuk menambah kekurangan pembangunan rabat beton tersebut.  

Baca Juga:Percepatan Pemberdayaan Anak Harus Jadi Perhatian Semua PihakPemkab Sukabumi Capai UHC 98 Persen

Asisten Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat Satda Kota Sukabumi, Andri Firmansyah mengatakan sangat mengapresiasi masyarakat RW07 Kelurahan Sindangpalay. Menurutnya, partisipasi masyarakat di kampung tersebut sangat tinggi.

“Saya bersyukur, swasaya masyarakat di kampung ini sangat baik,” jelasnya. 

P2RW sudah dilaksanakan 9 tahun oleh Pemkot Sukabumi dan program ini pun harus selaras dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

“Tak hanya itu, P2RW harus benar benar bermanfaat bagi masyarakat, maka itu harapan saya mudah mudahan program ini pun menjadi prioritas bagi kepala daerah selanjutnya dan betul betul menjadi yang utama,” terangnya..

Hanya saja harapan dia, pelaksanaan pembangunan di lapangan harus sesuai dengan yang direncanakan dan berdasarkan keinginann warga. Artinya, jangan sebatas hasil keputusan Ketua RW saja.

“P2RW merupakan hasil usulan masyarakat melalu Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) sehingga pembangunan yang direalisasikan sesuai dengan keinginan warga sekitar.

Dengan anggaran stimulan tersebut, sambung Andri, membutuhkan peran aktif dari masyarakat untuk mengsukseskan pembangunan disetiap daerah. (IST)

0 Komentar