Sekda Wakili Pemkab Ikuti RAKOR Ketahanan Pangan dan Pertanjan

Sekda Kabupaten Sukabumi, Ade Suryaman mengikuti Rakor
Sekda Kabupaten Sukabumi, Ade Suryaman mengikuti Rakor ketahanan pangan dan di Gedung Sate, Bandung pada Kamis (18/04) lalu
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRES – Sekda Kabupaten Sukabumi, Ade Suryaman mengikuti rapat koordinasi (Rakor) ketahanan pangan dan produktivitas pertanian di Jawa Barat. Kegiatan yang diselenggarakan di Gedung Sate, Bandung pada Kamis (18/04) lalu ini membahas produksi pertanian, terutama mengenai padi/beras.

“Kemarin beras menjadi salah satu penyumbang tingginya angka inflasi. Mengingat, produksi padi sempat terkendala akibat el nino,” ujar Ade. 

Maka dari itu, Kementerian mengantisipasi hal-hal semacam itu agar tak menghambat produksi padi. Salah satunya lewat program pompanisasi di setiap daerah.

Baca Juga:Peserta Paskibra di Sukabumi Meninggal Usai Mengikuti SeleksiTKN ajak pendukung Prabowo-Gibran jadi Amicus Curiae Secara Massal

“Kementerian turun lewat program pompanisasi. Nah, kita pun telah mengajukan program itu. Apalagi lahan sawah di Kabupaten Sukabumi sekitar 56 ribu. Di mana, di dalamnya ada lahan sawah tadah hutan,” ucap Sekda

Melalui hal itu, sekda punya harapan besar beras di Kabupaten Sukabumi terus surplus. Apalagi dengan lahan dan tanah yang luas.

“Sawah yang luas akan disuport. Sehingga, produksi beras bisa meningkat lagi,” ungkapnya.

Sementara itu, Penjabat Gubernur Jabar Bey Machmudin mengatakan,  perlunya peningkatan produksi sawah tadah hujan untuk mengejar target produksi gabah sebanyak 11 juta ton lebih tahun ini. 

“Perlu ada instrumen untuk menjaga ketersediaan air antara lain dengan pompanisasi. Namun penerima pompanisasi harus jelas dan sesuai target sehingga saya meminta pemerintah kabupaten/kota membuat pemetaan lahan dan lokasinya,” bebernya

Selain itu, perlu koordinasi dengan pihak TNI/Polri untuk menjaga program pompanisasi. Jika perlu di setiap alat pompanisasi disematkan GPS atau menggunakan pengawasan secara digital.

“Maksimalkan juga resi gudang dan pusat distribusi Jabar sebagai instrumen pengendalian stok dan harga pangan, ” tegasnya. 

Baca Juga:Apple ajak Prabowo kerja sama di bidang pengembangan teknologiRekonstruksi Suami Bunuh Istri di Makassar

Inspektorat Jenderal Kementerian Pertanian Komjen Setio Budi mengatakan, TNI dan kementerian sudah bekerja sama untuk program pompanisasi, termasuk untuk wilayah Jabar yang kebagian 2.500 titik. 

Sebanyak 201.702,6 hektare sawah tadah hujan serta beberapa sawah irigasi akan menjadi sasaran dari pompanisasi tersebut sesuai prioritasnya sehingga ia meminta Pemdaprov Jabar segera menyampaikan peta lokasi dan lahan petani mana saja yang berhak mendapatkan pompanisasi.

0 Komentar