Pelajar SMK Ikuti Program Pemagangan ke Jepang

IST
SMK 1 PGRI Kota Sukabumi jadi lokasi diluncurkannya program persiapan magang yang dilaksanakan Kemendikbudristek bekerja sama dengan APPI Kota Sukabumi.
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRES– Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) meluncurkan program persiapan magang ke luar negeri di SMK 1 PGRI Kota Sukabumi, Rabu (8/5).

Sasaran dari program ini adalah kalangan pelajar.

Asisten Daerah Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Kota Sukabumi, Andri Firmansyah, mengapresiasi atas terselenggaranya program yang digarap Kemendikbudristek dan Asosiasi Penyelenggara Pemagangan Indonesia (APPI).

Program ini menunjukkan bahwa pembangunan sektor pendidikan tidak hanya menjadi urusan pemerintah, tetapi juga diperlukan kemitraan dengan berbagai pihak lainnya.

Baca Juga:Dishub belum Rencanakan Tambah Kantong ParkirPSG: Pilkada 2024 jadi alat saring sosok kharismatik bagi Golkar

“Saya berpesan kepada para pelajar yang mengikuti program ini agar memanfaatkan sebaik–baiknya kesempatan dan pengalaman yang mereka dapatkan dalam program persiapan pemagangan ke luar negeri,” kata Andri.

Ketua Harian APPI Kota Sukabumi, Hendra Bachtiar, mengungkapkan tujuan dari program ini adalah meningkatkan kualitas serta kemampuan para pelajar SMK, sekaligus mengurangi tingkat pengangguran.

Program pemagangan dilaksanakan dengan beberapa tahapan seperti pembelajaran bahasa Jepang bagi para pelajar dan dilanjutkan dengan sertifikasi.

“Insya Allah para pelajar dididik dulu bahasa Jepang, sertifikasi, skrining, dilanjutkan dengan pemberangkatan ke Jepang. Kota Sukabumi kurang lebih ada 10 SMK ditambah Kabupaten Sukabumi dan Cianjur sehingga lebih dari 15 SMK. Targetnya 1.500 siswa berangkat tahun ini ke Jepang. Untuk Kota Sukabumi targetnya 119 orang siswa,” katanya. (ist)

0 Komentar