KPU RI Akan Bangun Sekolah Kedinasan Pemilu di Kabupaten Sukabumi

IST
Deputi KPU RI melakukan kunjungan ke Pemkab Sukabumi, pada Jumat (17/05/2024).
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRES– Deputi KPU RI melakukan kunjungan ke Pemkab Sukabumi, pada Jumat (17/05/2024). 

Kunjungan KPU RI yang bertujuan untuk membahas perihal Pendirian Sekolah Kedinasan Tata Kelola Pemilu ini di terima Sekda Kabupaten Sukabumi, Ade Suryaman di di Pendopo Sukabumi.

 Deputi KPU RI, Suryadi menjelaskan bahwa rencana pendirian sekolah kedinasan Tata Kelola Pemilu ini dilandasi keterbatasan SDM di lingkungan KPU.

Baca Juga:Menpan RB apresiasi Peruri akselerasi SPBE-integrasi layanan digitalAirlangga tekankan Munas Golkar tetap Desember 2024

Dengan adanya Sekolah tersebut, harapannya dapat memenuhi kebutuhan SDM yang memiliki pengetahuan lebih tentang tata kelola Pemilu.

Indonesia sebagai negara demokratis, lanjut Suryadi, harus dapat menghadirkan pemilu yang benar-benar memenuhi harapan rakyat, yaitu pemilu akuntabel dan transparan.

Setidaknya ada dua faktor untuk mewujudkannya,  yakni internal dan eksternal. Internal terkait kesiapan sumber daya manusia penyelenggara Pemilu yakni KPU.

Masih dikatakannya, KPU RI sangat membutuhkan perguruan tinggi  dan lembaga-lembaga pendidikan lainnya sebagai jejaring untuk pendidikan politik partisipatif kepada masyarakat, baik untuk kepentingan politik nasional maupun kepentingan politik lokal. 

“Hal ini bertujuan untuk memperbaiki pemilu secara berkesinambungan di Indonesia. Terkait hal itu, Kabupaten Sukabumi di pilih KPU RI sebagai lokasi sekolah ini karena lokasinya yang startegis,” ungkapnya

Sementara itu, Sekda Kabupaten Sukabumi, Ade Suryaman menyambut baik dengan rencana di bukanya skolah Kedinasan Tata Kelola Pemilu di Kabupaten Sukabumi.

Hanya saja pertimbangan teknisnya perlu di perhatikan, mengingat dalam pendirian lahan sekolah ini membutuhkan lahan sekitar 10 Ha.

Baca Juga:Komisi I DPR Tepis RUU Penyiaran Kecilkan Peran PersPDIP Akan Buka Rakernas V Pakai Api Abadi Mrapen dari Jateng

“Harapan adanya rencana ini bisa meningkatkan SDM dan menjadi hal yang positif begi kemajuan bangsa dimasa mendatang” pungkasnya (ndi)

0 Komentar