Panwaslu Kabupaten Sukabumi yang Baru Dilantik di Imbau Jaga Netralitas

IST
Ratusan anggota Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan resmi dilantik di Pangrango Resort, Jumat (24/05).
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRES- Ratusan anggota Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan resmi dilantik di Pangrango Resort, Jumat (24/05).

Mereka yang dilantik ini, akan mengawasi pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. 

Baik itu Gubernur/Wakil Gubernur Jawa Barat maupun Bupati/Wakil Bupati Sukabumi. 

Baca Juga:Bupati Sukabumi : Kukuhkan Komitmen Cita-cita Luhur MuhammadyahBPBD Gelar Simulasi Hindari Bencana Alam Tsunami

Prosesi pelantikan yang dilakukan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sukabumi ini, dihadiri Bupati SukabumibMarwan Hamami. Diketahui, terdapat 141 anggota Panwaslu Kecamatan yang dilantik.

Mereka akan bertugas di 47 kecamatan yang ada di Kabupaten Sukabumi. Di mana, setiap kecamatan terdapat tiga anggota Panwaslu.

Dalam sambutannya, Marwan meyakini para anggota Panwaslu Kecamatan mampu menjalankan tugasnya. Apalagi, mereka yang dilantik hari ini merupakan orang-orang terpilih.

“Saudara merupakan orang terpilih. Tiga orang ini penentu keberhasilan pilkada,” ujarnya.

Bahkan, para anggota Panwaslu Kecamatan merupakan ujung tombak pengawasan. Maka dari itu, H. Marwan mengimbau untuk menjaga netralitas dan integritas. Hal itu demi terciptanya Pilkada yang jujur dan adil.

“Keberhasilan Pilkada ini, salah satu halnya menjadi tanggungjawab saudara,” ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Marwan mengingatkan para pengawas untuk melek teknologi demi terciptanya pengawasan yang lebih menyeluruh.

“Selain pengawasan secara langsung, kita pun harus bisa mengawasi di berbagai media. Jadi, kita juga harus menguasai teknologi,” ungkapnya.

Baca Juga:Ratusan Pemancing Meriahkan Fishing Tournamen di Pantai PalangpangPariwisata Sukabumi Berpengaruh Signifikan Terhadap Perekonomian

Namun dalam pengawasan, Marwan meminta Panwaslu Kecamatan untuk mengedepankan adat ketimuran. Selain itu, melihat kebiasaan yang berlaku di suatu daerah.

“Dalam melaksanakan tugas, lihat aturan, etika, dan norma yang berlalu di tempat kalian,” bebernya.

Anggota Bawaslu Provinsi Jawa Barat  Hj. Nuryamah menambahkan, Panwaslu yang baru dilantik harus sudah siap mengawasi tahapan pemilu. Apalagi, ada sekitar 10 tahapan yabg harus diawasi. 

“Kita harus sudah siap mengawasi semua tahapan,” terangnya.

Maka dari itu, dirinya meminta untuk menjaga soliditas. Selain itu, harus bisa bekerjasama berkolaborasi, dan bersinergi. Baik di internal maupun ekternal.

“Tolong jaga soliditas. Apalagi, di depan mata sudah menunggu tanggungjawab yang sangat berat,” tegasnya.

Ketua Bawaslu Kabupaten Sukabumi Faisal Rifa’i mengatakan, mereka yang dilantik hari ini merupakan orang-orang terpilih. Di mana, mereka telah melalui berbagai tahapan hingga akhirnya terpilih dan dilantik menjadi anggota Panwaslu Kecamatan.

0 Komentar