Mudahkan Layanan Adminduk, Disdukcapil Kota Sukabumi Gencarkan Sosialisasi Kebijakan ke Petugas Registrasi

Ist
Sosialisasi disdukcapil
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRES – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Sukabumi terus bergerak dalam memudahkan pelayanan administrasi kependudukan (adminduk) kepada masyarakat.

Salah satunya dengan mengelar Sosialisasi Kebijakan Administrasi Kependudukan kepada petugas registrasi pelayanan administrasi kependudukan kelurahan di Hotel di Balcony, Senin (1/7/2024).

Momen tersebut dibuka langsung Penjabat (Pj) Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji. Hadir dalam momen tersebut Direktur Dukcapil Kemendagri Meilan Inggrit Margareth Leleury, Dinas Disdukcapil Kota Tangerang Provinsi Banten Mohamad Muflih Sutisna dan Kepala Disdukcapil Kota Sukabumi Kardina Karsoedi.

Baca Juga:Dinsos Kota Sukabumi Dukung Program Lembaga Lansia IndonesiaDPRD Gelar Paripurna Penyampaian Nota Pengantar Raperda RPJMD

” Tujuan kegiatan ini meningkatkan kompetensi petugas registrasi pelayanan pelayanan adminduk di kelurahan agar pelayanan kepada masyarakat makin mudah, cepat dan membahagiakan,” ujar Plt Sekretaris Disdukcapil Kota Sukabumi Tantan Hadiansyah.

Keberadaan petugas registrasi pelayanan adminduk di kelurahan merupakan amanat Permendgari No 119 tahun 2017 dan teknis penugasan didasarkan pada keputusan wali kota no 118 tahun 2024

Didalam keputusan wali kota tersebut kata Tantan petugas registrasi melekat pada jabatan kasi pemerintahan dan trantib di kelurahan. Ia mengatakan fungsi adminduk selama ini sudah berjalan denhan baik dengan cakupan kinerja disdukcapil pada 2023m

Di antaranya cakupan dokumen kependudukan perekaman KTP-El sebanyak 259.252 penduduk. Capaian tersebut mencapai 100,4 persen dari target yang ditetapkan.

Kepemilikan KIA sebanyak 61.618 penduduk atau 122,51 persen dari target yangnditetapkan. Berikutnya Akta kelahiran sebanyak 107.121 atau 101,38 persen.

” Seluruh capaian ini tidak terlepas dari kontribusi aparatur kelurahan dan kecamatan yang membantu disudkckapil dalam layanan kependudukan,” jelasnya.

Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji mengatakan, sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dari para petugas registrasi pelayanan administrasi kependudukan di kelurahan.

Baca Juga:KPU Kabupaten Sukabumi Ingatkan PPS Harus Jaga NetralitasOmset Culinary Night Capai Setengah Miliar Rupiah

Targetnya agar pelayanan administrasi kependudukan kepada masyarakat kota sukabumi semakin mudah, cepat dan membahagiakan.

” Saya berpesan kepada seluruh peserta sosialisasi untuk benar-benar memanfaatkan kegiatan ini dengan sebaik baiknya, untuk lebih meningkatkan pemahaman, pengetahuan serta wawasan yang dapat diterapkan dalam tugasnya,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu tiga kelurahan dinyatakan terbaik dalam melaksanakan pelayanan administrasi Kependudukan diantaranya, Kasi Pemerintahan Kelurahan Babakan, Nanggeleng, dan Jayamekar.

0 Komentar