KPU Kota Sukabumi Latih PPK dan PPS Jurnalistik dan Public Speaking

IST
NARASUMBER : Ketua PWI Kota Sukabumi Ikbal Zaelani saat menjadi narasumber Pelatihan Jurnalistik dan Public Speaking bagi Ketua dan Anggota PPK serta Ketua dan Anggota PPS yang di gelar KPU Kota Sukabumi
0 Komentar

SUKABUMI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sukabumi menyelenggarakan Bimbingan Teknis Pelatihan Jurnalistik dan Public Speaking bagi Ketua dan Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) serta Ketua dan Anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang membidangi sosialisasi se-Kota Sukabumi.

Acara ini berlangsung di The Bountie Hotels and Convention Center Sukabumi pada Kamis (8/8/2024).

Ketua KPU Kota Sukabumi Imam Sutrisno menekankan pentingnya kemampuan jurnalistik dan public speaking bagi para penyelenggara pemilu, agar informasi yang disampaikan kepada masyarakat dapat diterima dengan baik dan meningkatkan partisipasi pemilih.

Baca Juga:Diskominfo dan PMI Gelar Donor DarahCuri Kabel, Pemuda Terancam 9 Tahun Penjara

Acara dilanjutkan dengan pengarahan yang diberikan oleh tiga Komisioner KPU Kota Sukabumi, yakni Dikrilah, Seni Soniansih, dan Siska Agustia. Mereka menyampaikan berbagai strategi dan pentingnya komunikasi efektif dalam sosialisasi Pemilihan.

Kesempatan pertama disampaikan Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM KPU Kota Sukabumi, Seni Soniansih. Dia menjelaskan, bahwa pelatihan ini merupakan bagian dari upaya KPU Kota Sukabumi untuk meningkatkan kompetensi para penyelenggara pemilu di bidang jurnalistik dan public speaking.

“Tujuannya adalah agar mereka dapat menyampaikan informasi pemilu secara akurat, jelas, dan menarik, sehingga dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pilkada Serentak 2024,” kata dia.

Ada empat nara sumber yang dihadirkan yaitu Aris Darussalam, S.Sos, mantan jurnalis IDN Times (2020-2023), yang memberikan materi tentang Dasar-Dasar Jurnalistik dan Teknik Menulis Berita. Aris menjelaskan teknik-teknik dasar dalam penulisan berita, cara membuat judul yang menarik, serta pentingnya akurasi dan objektivitas dalam jurnalistik.

Lalu Mega Nugraha Sukarna, SH, yang membawakan materi tentang Teknik Menyunting dan Meramu Naskah. Mega Nugraha menjelaskan proses penyuntingan berita agar informasi yang disampaikan menjadi lebih jelas dan mudah dipahami oleh pembaca.

Kesempatan berikutnya dibawakan Ikbal Zaelani Saptari, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Sukabumi, yang memberikan materi tentang Kode Etik Jurnalistik dan Manajemen Media Massa. Ikbal menekankan pentingnya mematuhi kode etik jurnalistik dalam setiap karya tulis serta bagaimana mengelola media massa dengan baik untuk mendukung penyebaran informasi pemilu.

Terakhir Maulana Fajar, yang memberikan materi tentang Public Speaking. Maulana membagikan teknik-teknik berbicara di depan umum yang efektif, termasuk cara mengatasi rasa gugup dan bagaimana menyampaikan pesan dengan jelas dan persuasif.

0 Komentar