Touring Sukabumi Ngabumi Jelajah Keberagaman Budaya

Ist
TOURING : Bupati Sukabumi, Mawaran Hamami saat memimpin touring Ngabumi Sesi Tiga
0 Komentar

CIKIDANG -Touring Ngabumi sesi 3 yang dipimpin Bupati Sukabumi, Marwan Hamami memberikan cerita dan keseruan tersendiri. Apalagi, mengunjungi berbagai tempat yang menarik di wilayah utara Kabupaten Sukabumi.

Dalam perjalanan pertama, Marwan mengunjungi Pabrik Tjipetir di Kecamatan Cikidang. Di mana, pabrik tersebut mulai beroperasi sejak 1885. Berdiri pabrik tersebut, dikarenakan pengenalan tumbuhan Gutta Percha ke Eropa pada tahun 1843 oleh William Montgomery. Maka dari itu, pabrik tersebut dijadikan kawasan cagar budaya.

Selepas itu, Marwan pun mengunjungi tempat wisata Gunung Wayang Pulosari yang berlokasi di Desa Gunung Endut, Kecamatan Kalapanunggal. Di mana, tempat yang menyuguhkan potensi alamnya yang luar biasa. Hal itu pun selaras dengan Situ Sukarame di Kecamatan Parakansalak. Di mana, tempat tersebut menonjolkan keindahan danau. Hal itu dengan berbagai fasilitas penunjang lainnya di tempat tersebut.

Baca Juga:Jelang Hari Pelanggan Nasional, PLN Sukabumi Perkuat Sinergi dengan Polres Kabupaten Sukabumi 9 Parpol Non Parlemen Deklarasi Dukungan KDM-Erwan Maju Pilgub Jabar

Marwan bersama rombongan pun, berlanjut ke Kasepuhan Giri Jaya di Kecamatan Cidahu. Di tempat tersebut, menonjolkan sisi kebudayaan yang luar biasa. Bahkan, H. Marwan pun disambut dengan berbagai kesenian tradisional.

Kegiatan ini berakhir di Kecamatan Nagrak. Di Kecamatan tersebut, H. Marwan berencana akan menginap di Villa YSR Himalaya. Di mana, villa tersebut menampilkan berbagai fasilitas yang erat kaitannya dengan keindahan alam Kabupaten Sukabumi.

Dalam kesempatan tersebut, Marwan Hamami mengatakan, Touring Ngabumi menjadi agenda untuk mengenalkan potensi yang dimiliki di setiap wilayah. Baik dari sisi sumber daya alam, kebudayaan, dan yang lainnya. “Selain bersilaturahmi dengan masyarakat, kegiatan ini pun sekaligus sebagai ajang mempromosikan keberagaman di Kabupaten Sukabumi,” ujarnya, Sabtu, 24 Agustus 2024.

Apalagi, RPJMD Kabupaten Sukabumi terfokus ke sektor pariwisata dan pertanian. Maka dari itu, momen ini sangat bagus untuk menggali dan mempromosikan berbagai potensi di sektor pertanian dan pariwisata. “Kita lakukan berbagai upaya yang dapat mengungkit pertumbuhan di wilayah,” ucapnya.

Dirinya mencontohkan Pabrik Tjipetir yang menjadi salah satu pendorong pengembangan pertanian di Kabupaten Sukabumi. Hal itu menandakan pertanian menjadi salah satu keunggulan di Kabupaten Sukabumi sejak dulu. “Mari bersama-sama bisa meyakinkan potensi pertanian bersejarah di Kabupaten Sukabumi. Semua ini guna menumbuhkan perekonomian masyarakat”ajaknya.

0 Komentar