Indosat Ooredoo Hutchison Mendapat Penghargaan Internasional Berkat Implementasi Empatik AI

Ist
Indosat kembali meraih penghargaan di ajang bergengsi Stevie Awards 2024 untuk kategori HR Department of the Year.
0 Komentar

Jakarta, 30 Agustus 2024 – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) kembali meraihpenghargaan di ajang bergengsi Stevie Awards 2024 untuk kategori HR Department of theYear . Indosat menjadi satu-satunya perusahaan dari Indonesia yang memenangkan kategoriini. Penghargaan ini diberikan atas keberhasilan Indosat dalam mengembangkan danmengimplementasikan teknologi berbasis kecerdasan buatan (Artificial Intelligence /AI),sehingga karyawan tidak menjadikan AI sebagai ancaman, melainkan sebagai sahabat.

Indosat telah mengimplementasikan AI dan Robotic Process Automation (RPA) untukmeningkatkan produktivitas karyawan dengan mengambil alih tugas-tugas repetitif. Tugasadministratif yang sebelumnya membutuhkan waktu satu hari kini hanya memerlukan waktusepuluh menit.

Indosat juga memiliki asisten virtual AI bernama “ASTRID” (Assistant for Robotic AdministrationIndosat ), yang tidak hanya mampu mengelola data, mengintegrasikan aplikasi untukmenghasilkan talent predictive analytics , tetapi juga mampu menunjukkan empati denganmenjawab pertanyaan harian karyawan dan mengirim pesan dukungan yang personalkepada karyawan-karyawan yang membutuhkan. Hingga saat ini, lebih dari 3.100 pesan telahdikirim, menciptakan komunikasi yang kuat dan personal antara Indosat dan parakaryawannya.

Baca Juga:Kedepan Bayar Pajak Bisa Langsung ke BPR SukabumiGema Tunas PKBM Tingkat Jabar, Dukung Generasi Emas 2045

Irsyad Sahroni, Director and Chief Human Resource Indosat Ooredoo Hutchison, mengatakan,“Penghargaan ini adalah bukti komitmen Indosat untuk membangun organisasi yang siapmenghadapi masa depan. Inovasi ini tidak hanya meningkatkan efisiensi operasional danmencerminkan kepedulian kami, tetapi juga mempersiapkan karyawan kami untuk lebih gesitdalam menerapkan teknologi canggih di operasional kami. Karyawan seharusnya melihat AIbukan sebagai ancaman, tetapi sebagai alat untuk meningkatkan kualitas kerja mereka dan,yang lebih penting, sebagai keunggulan kompetitif yang meningkatkan nilai mereka sebagaitalenta. Kami percaya bahwa teknologi harus sejalan dengan nilai-nilai kemanusiaan danmenjadi solusi digital yang memberikan dampak positif bagi semua.”

Penerapan teknologi berbasis machine learning dan generative AI juga digunakan untukmengembangkan Career Simulator, yang dapat membantu karyawan merencanakan kariragar lebih terarah. Alat ini dapat merekomendasikan program pengembangan yang tepatuntuk mencapai tujuan karir.

Dengan adanya AI empatik ini, karyawan dapat lebih fokus pada pekerjaan strategis,pengembangan diri, memperkuat relasi, dan mencapai kesejahteraan yang lebih seimbang.Sebagai hasilnya, tingkat kepuasan karyawan mencapai 94% dan Employee Net PromoterScore (eNPS) yang tinggi mencerminkan loyalitas dan komitmen yang tinggi kepadaperusahaan.

0 Komentar