Jalan Mantap Capai 86,87 Persen di Kota Sukabumi, Masih Terkendala Keterbatasan Anggaran

Ist
BUTUH PERBAIKAN: Ruas Jalan Merbabu di Kelurahan Karangtengah Kecamatan Gunungpuyuh Kota Sukabumi membutuhkan penanganan karena mengalami kerusakan cukup parah.
0 Komentar

SUKABUMI,SUKABUMI.JABAREKSPRES.COM – Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kota Sukabumi menyebutkan tingkat kemantapan jalan pada tahun ini sudah mencapai 86,87 persen. Hal itu sebagai salah satu bukti nyata progres perbaikan infrastruktur jalan yang signifikan.

Kepala DPUTR Kota Sukabumi, Sony Hermanto, menjelaskan target 100 persen kemantapan jalan belum tercapai lantaran adanya kendala minimnya anggaran. “Spending mandatory yang sebelumnya di angka 11,46 persen, kini menurun menjadi 10,23 persen. Hal ini tentu berdampak langsung pada kemampuan untuk memperbaiki jalan yang ada,” ujar Sony kepada wartawan, kemarin (10/10/24).

Penurunan anggaran diperkirakan akan memengaruhi kemampuan Dinas PUTR memperbaiki kondisi jalan secara maksimal. Kendati demikian, penurunan kemantapan jalan pada tahun ini tidak akan anjlok. “Salah satu langkah yang akan kami ambil untuk mengatasi kendala tersebut, dengan melakukan refocusing anggaran yang akan dialokasikan untuk kebutuhan infrastruktur, termasuk perbaikan jalan yang mendesak,” ungkapnya.

Baca Juga:Hamzah Gurnita : Pengabdian TNI Sangat Besar kepada NegaraOptimalisasikan Percepatan Penurunan Stunting di Kabupaten Sukabumi

Refocusing anggaran tersebut sebagian besar akan dialihkan untuk kepentingan politik khususnya menjelang Pilkada 2024. Meskipun ada pengalihan anggaran, DPUTR tetap berupaya agar kemantapan jalan di Kota Sukabumi tetap terjaga. Terkait dengan perbaikan kapasitas jalan menjadi prioritas Dinas PUTR.

“Keterbatasan anggaran terpaksa harus melakukan penanganan sementara, seperti tambal sulam pada jalan yang rusak agar jalan tetap aman dilalui meski belum dapat dilakukan perbaikan menyeluruh,” tukasnya. (mg4)

0 Komentar