Indeks SPBE Pemkot Sukabumi Ditargetkan Naik, Saat Ini Berada pada Angka 2,98

Ist
DARING: Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN–RB) melaksanakan evaluasi secara daring penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Kegiatan itu diikuti jajaran Pemkot Sukabumi.
0 Komentar

SUKABUMI,SUKABUMI.JABAREKSPRES.COM – Pemerintah Kota Sukabumi mengikuti evaluasi penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) pada Selasa (15/10). Evaluasi digelar Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN–RB).

Evaluasi yang dilaksanakan secara daring tersebut dihadiri Penjabat Wali Kota Kusmana Hartadji didampingi Penjabat Sekretaris Daerah Mohamad Hasan Asari, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Sukabumi Rahmat Sukandar, beserta jajaran pimpinan perangkat daerah lainnya.

Dalam evaluasi yang dipusatkan di Balai Kota itu dipaparkan capaian SPBE pada Pemerintah Kota Sukabumi. Di antaranya telah diterbitkannya Peraturan Wali Kota Nomor 22 Tahun 2024 yang memuat arsitektur dan peta rencana SPBE, termasuk hasil penilaian mandiri SPBE yang dilakukan oleh Diskominfo beserta perangkat daerah lainnya.

Baca Juga:BPS Serahkan Laporan EPSS Tahun 2023 pada Pemkab SukabumiSebuah Perahu Dihantam Ombak saat Bersandar di Perairan Ciroyom

Kepala Diskominfo Kota Sukabumi Rahmat Sukandar menjelaskan, evaluasi dilakukan untuk memeriksa seluruh bukti penerapan SPBE yang sebelumnya telah disampaikan kepada KemenPAN–RB. Pascaevaluasi, Diskominfo pun akan segera memenuhi kekurangan bukti yang dibutuhkan oleh pihak kementerian.

“Secara online kita sudah penuhi semua evidence yang dibutuhkan. Kegiatan evaluasi itu adalah proses pengecekan evidence yang sudah di–submit. Dalam setiap penilaian ada kurang dan lebih. Kita diberi waktu hingga hari Senin untuk memenuhi semua itu,” kata Rahmat.

Dia mengharapkan pada penilaian tahun ini indeks SPBE Pemerintah Kota Sukabumi bisa mengalami peningkatan dari indeks sebelumnya yang berada pada angka 2,98.

“Indeks SPBE kita itu sudah baik dengan angka 2,98. Mudah–mudahan kita bisa tingkatkan itu naik ke angka 3 bahkan 3,5. Saya yakin kita dapatkan karena kolaborasi seluruh SKPD di bawah koordinasi Sekda. Kegiatan evaluasi dihadiri langsung Pj Wali Kota yang menunjukkan komitmen pimpinan dalam implementasi SPBE,” pungkasnya. (ist)

0 Komentar