Tinjau Lokasi Longsor di Cisolempat

Tinjau Lokasi Longsor di Cisolempat
0 Komentar

PARAKANSALAK – Sekda Kabupaten Sukabumi, Ade Suherman meninjau lokasi longsor di Kampung Cisolempat RT12 RW04, Desa Sukakersa, Kecamatan Parakansalak, Kabupaten Sukabumi, kemarin (1/11).

Diketahui, sebanyak Tiga unit rumah di wilayah itu mengalami kerusakan akibat yang cukup parah tanah longsor pada Rabu lalu (27/10) lalu. Bencana ini dipicu hujan deras yang terjadi di daerah tersebut, tak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun keluarga terdampak terpaksa harus mengungsi ketempat yang aman.

Adapun rumah yang mengalami kerusakan akibat longsor ini milik keluarga Dedi (3 jiwa) Saepuloh (4 jiwa) dan Ramdon (3 jiwa) sementara tiga rumah lainnya yang berstatus terancam yakni milik keluarga Dedi Suryadi (2 jiwa), Dudi (6 jiwa) dan Dasep(4 jiwa).

Baca Juga:Ratusan Unit Ekonomi Kreatif Di Kota Sukabumi TervalidasiOptimistis Bertahan di Level 2

Adanya kejadian itu langsung direspon Pemkab Sukabumi, dengan mengevaluasi dan memberikan bantuan sembako kepada 3 orang warga terdampak serta terpal yang di minta warga untuk mengantisipasi masuknya air hujan ke dalam bangunan yang sudah roboh. “Kita mendapat laporan kejadian itu, sekarang kita tinjau ke lokasi. Sebelumnya sudah ada tindakan penanganan oleh Camat dan BPBD setempat,” kata Ade Suryaman saat meninjau lokasi longsor.

Menurutnya, penanganan bencana seperti itu diperlukan kolaborasi lintas sector. Semua pihak harus memastikan pemetaan dan pelaksanaannya seperti apa evakuasi di lapangan.

Dedi (60) salah satu korban terdampak berharap rumahnya bisa diperbaiki seperti semula. Namun, dia menyerahkan kepada pemerintah sebagai tindaklanjutnya. “Kejadian ini membuat bangunan rumah kami mengalami kerusakan, alat-alat rumah tangga pun terbawa longsor. Jika dihitung hitung kerugiannya lumayan besar,” katanya. (mg2)

0 Komentar