Basarnas Gembleng Anggota Polres Sukabumi untuk Tangani Bencana

Personil Satuan Samapta Polres Sukabumi digembleng berbagai pelatihan terkait penanganan bencana
Personil Satuan Samapta Polres Sukabumi digembleng berbagai pelatihan terkait penanganan bencana
0 Komentar

PALABUHARATU – Sejumlah personil Satuan Samapta Polres Sukabumi digembleng berbagai pelatihan terkait penanganan bencana oleh Basarnas di halaman Kantor Pos SAR Basarnas Palabuhanratu, kemarin (11/11).

Pelatihan difokuskan pada pencarian, pertolongan (SAR) dan evakuasi korban bencana alam. Salah satu materinya ialah, mengevakuasi korban menuruni tebing dengan hanya menggunakan tali.

Kapolres Sukabumi AKBP, Dedy Darmawansyah Nawirputra mengatakan, pelatihan ini bertujuan untuk melatih keterampilan personilnya dalam penanganan bencana alam, terutama pertolongan atau SAR.

Baca Juga:Lahan Pesawahan di Gegerbitung Alami Pergerakan TanahSekda Inginkan Kabupaten Sukabumi Harus Bebas Narkoba

“Sudah tiga hari anggota berlatih kegiatan SAR bersama anggota Basarnas,” ungkapnya kepada awak media, kemarin (11/11).

Ini dilakukan karena Kabupaten Sukabumi secara geografis termasuk wilayah katagori rawan bencana alam. Seperti banjir, longsor, pergerakan tanah dan angin puting beliung serta lain sebagainya.

Maka dari itu, seiring pemahaman terhadap penanganan bencana semakin meningkat, diharapkan personilnya dapat berkontribusi signifikan apabila terjadi bencana alam.

“Sebagai pembulatan dari latihan ini, akan dilaksanakan simulasi sebagai wujud antisipasi dan kesiapan Polres Sukabumi dalam penanganan bencana,”pungkasnya.

Sementara yang memberi pelatihan dalam kegiatan tersebut merupakan tenaga pengajar berpengalaman dari Basarnas Pos SAR Palabuhanratu, Selain itu kegiatan ini pun diawasi langsung Wakapolres Sukabumi dan beberapa Perwira Polres Sukabumi. (mg1)

0 Komentar