Kota Sukabumi Mulai Vaksin Booster

Kota Sukabumi Mulai Vaksin
VAKSIN DOSIS KETIGA: Warga yang sudah memenuhi syarat mendapat vaksin dosis ketiga alias booster berdatangan ke Puskesmas Selabatu di Kecamatan Cikole, kemarin.
0 Komentar

CIKOLE – Kota Sukabumi memulai pemberian vaksin dosis ketiga alias booster. Kick off pelaksanaannya dipusatkan di Puskesmas Selabatu di Kecamatan Cikole, kemarin (12/1).

Sekda Kota Sukabumi, Dida Sembada, memantau langsung pelaksanaan kegiatan tersebut. Dida ingin memastikan pelakasaan vaksin booster berjalan dengan lancar.

“Hari ini (kemarin) kita mulai kick off vaksin booster untuk warga usia 18 tahun ke atas dan digabung dengan lansia sesuai petunjuk pemerintah pusat,” kata Dida, kepada wartawan, kemarin.

Baca Juga:Minyak Goreng Dijual Murah, Diskumindag Kota Sukabumi Laksanakan Operasi Pasar di 4 LokasiDiskominfo-BPS Kota Sukabumi Kolaborasi Data dan Informasi

Pelaksanaan vaksinasi booster di Kota Sukabumi dilakukan serentak di tujuh fasilitas kesehatan yakni Puskesmas Selabatu, Tipar, Cipelang, Baros, Benteng, Cibeureum Hilir, dan Nenggeleng. Kemudian pada Jumat (14/1) akan dilaksanakan di sentra vaksinasi Gedung Korpri dan Sabtu (15/1) di Gedung Juang 45. “Sasaran vaksinasi booster ini ysemua warga yang sudah divaksin dua kali dan berjarak enam bulan dari dosis kedua,” sebutnya.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Sukabumi, Lulis Delawati, menambahkan vaksin yang diberikan berjenis Astrazeneca. Sebab, jenis vaksin pada dosis pertama atau kedua yang digunakan yakni Sinovac. “Kalau vaksin pertama dan keduanya Astrazeneca, maka vaksin ketiganya adalah Moderna. Saat ini jenis Moderna belum tersedia di Kota Sukabumi,” terang Lulis.

Pelaksanaan vaksinasi booster telah disiapkan tim Kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) seperti halnya saat  vaksinasi primer. “Selain itu ada observasi selama 15 menit setelah vaksin. Kami juga siapkan call center,” ujarnya.

Hendri (45), warga Kelurahan Cikole, mengaku senang telah mendapat vaksin dosis ketiga. Dia pun berterima kasih kepada pemerintah yang telah memfasilitasi masyarakat dengan vaksin booster secara gratis. “Vaksin booster ini penting untuk keamanan dan kesehatan,” ucapnya. (job3)

0 Komentar