Ketatkan Prokes di Objek Wisata, Antisipasi Penyebaran Covid-19 saat Kunjungan Meningkat

Ketatkan Prokes
PENJAGA PANTAI: Salah seorang penjaga pantai di kawasan Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi mengawasi kondisi perairan. Bersamaan libur akhir pekan dan libur sekolah, pengawasan lebih ditingkatkan sebagai upaya mencegah penyebaran covid-19.
0 Komentar

PALABUHANRATU – Libur akhir pekan bersamaan berakhirnya libur sekolah di Kabupaten Sukabumi diantisipasi dengan mengetatkan penerapan protokol kesehatan covid-19 di sejumlah objek wisata. Seperti di kawasan pantai yang selalu menjadi favorit bagi wisatawan saat liburan.

Polres Sukabumi mengerahkan sebanyak 185 personel. Mereka ditempatkan di sejumlah lokasi objek wisata. Tugas utamanya, mengawasi penerapan disiplin prokes kepada para wisatawan.

“Mereka memberikan imbauan agar wisatawan tetap menerapkan protokol kesehatan dan memberikan penyuluhan penggunaan aplikasi PeduliLindungi,” ujar Kasi Humas Polres Sukabumi, Ipda Aah Saepul Rohman, kemarin (16/1).

Baca Juga:Gencarkan Kembali Operasi Prokes Covid-19Kuatkan IKM Kota Sukabumi, Diskumindag Berikan Berbagai Program

Semua personel bergerak menyisir objek-objek wisata di kawasan Palabuhanratu dan sekitarnya. Jika kedapatan ada wisatawan yang abai prokes, secara persuasif dan humanis petugas memberikan imbauan sekaligus edukasi.

“Personil mengingatkan pengunjung pentingnya disiplin meneraplan prokes. Para wisatawan pun diminta mengurangi mobilitas ketika berada di lokasi wisata,” tuturnya.

Selain itu, personel juga ditempatkan di sejumlah akses jalur lalu lintas menuju lokasi wisata. Upaya-upaya itu dilakukan dengan mengedepankan cara-cara humanis dan santun saat menjalankan tugas.

Pengamanan objek wisata tersebut dilakukan untuk mencegah potensi terjadinya klaster baru. Kesadaran masyarakat menerapkan prokes menjadi kunci sukses menghadapi pandemi covid-19.

“Makanya, kita mengingatkan mereka (wisatawan) menghindari kerumunan. Selalu gunakan masker ketika di tempat wisata,” pungkasnya.

Sementara itu, anggota Polres Sukabumi Kota melaksanakan giat patroli ke objek wisata kolam renang air panas Cikundul di Jalan Merdeka, Kelurahan Cikundul, Kecamatan Lembursitu, Kota Sukabumi, pada akhir pekan Sabtu (15/1) dan Minggu (16/1). Pada kegiatan tersebut petugas menyampaikan pesan supaya masyarakat mengawasi putra putrinya saat berenang, sekaligus berpesan supaya pengunjung menjaga barang berharga mereka.

Kasat Samapta Polres Sukabumi Kota, AKP Agus Suhendar, melalui Kasi Humas Iptu Astuti Setyaningsih, mengatakan kegiatan patroli dilaksanakan untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan di lokasi wisata tersebut.
“Patroli ini kami laksanakan agar masyarakat merasa aman dan nyaman berkunjung ke tempat wisata pada saat liburan,” ujarnya.

0 Komentar