Macan Tutul Menampakan Diri di Gunung Gede Pangrango

Macan Tutul Menampakan Diri
PENAMPAKAN : Dua ekor Macan Tutul menampakan diri di TNNGP, kemarin (10/2).
0 Komentar

KADUDAMPIT – Dua ekor Macan Tutul di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNNGP) menampakan diri. Kemunculan hewan bernama latin Phantera Pardus Melas ini berhasil tertangkap camera trap milik Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, kemarin (10/2).

Dalam kamera itu terlihat 2 ekor macan tutul bercorak hitam dan berwarna hitam sedang berjalan. Macan itu diduga sedang mencari makan disekitar camera trap yang dipasang.

Kepala Resort PTN Situ Gunung, Asep Suganda mengatakan. Kedua macan yang diperkirakan berjenis kelamin betina itu muncul di zona inti 1586 mdpl menuju puncak masigit Gunung Pangrango. “Radius 2,4 km dari zona pemanfaatan Resort PTN Situgunung,” kata Asep belum lama ini.

Baca Juga:Getol, Iyos Monitoring VaksinasiIP400 Diyakini Bisa Tingkatkan Produktivitas Padi

Lanjut Asep mengatakan, kemunculan dua ekor satwa dilindungi itu menandakan habitat mereka masih terjaga. “Kategori predator masih nyaman dan ditemukan Artinya mata rantai siklus kehidupan satwa yang ada masih seimbang,” ungkap dia.

Selain itu sambung Asep. menandakan bahwa gangguan keamanan satwa kawasan relatif tidak ada, selain itu kesadaran masyarakat meningkat untuk tidak melakukan perburuan satwa liar.

“Soalnya kalau terjadi perburuan liar, pasti macan tersebut keluar dari Zona inti sehingga terjadi konflik satwa. Untuk itu kita himbau masyarakat agar tidak melakukan pemburuan agar akosistem mereka tetap terjaga dan semakin berkembang,” tandasnya. (mg1)

0 Komentar