Tunaikan Utang, Ridwan Kamil Segera Resmikan Revitalisasi Kalimalang Mirip Cheonggyecheon Korsel

Ridwan Kamil Segera Resmikan
Sungtai Cheonggyecheon di Seoul Korea Selatan
0 Komentar

BEKASI SELATAN – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil memastikan akan menunaikan utang peresmian revitalisasi Kalimalang Kota Bekasi yang sempat tertunda akibat lonjakan covid-19.

Kepastian itu terungkap saat Kang Emil -sapaan karibnya- meresmikan Alun-alun Kota Bekasi dan Gedung Creative Center pada Senin (21/02/2022).

“Saya punya utang peresmian Kalimalang, insya Allah dalam hitungan minggu lagi ke Kota Bekasi untuk diresmikan,” tegas dia.

Baca Juga:Kolaborasi Ulama-Umaro Sangat Penting dan StrategisRumah Rusak Akibat Tongkang Kandas

Proyek revitalisasi Kalimalang telah resmi dimulai usai Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melakukan prosesi peletakan batu pertama pada, Rabu (25/9/2019) lalu.

Di mana penataan Kalimalang merujuk kepada Sungai Cheonggyecheon di Seoul, Korea Selatan, juga Sungai River of Life di Kuala Lumpur, Malaysia, serta teras Sungai Cikapundung di Bandung, Jawa Barat.

Warga Bekasi akan memiliki ikon ruang terbuka hijau, rekreasi, hingga edukasi baru di kotanya

Diketahui bersama, proyek revitalisasi Kalimalang sejatinya telah dicanangkan Ridwan Kamil sejak ia baru menjabat Gubernur Jawa Barat 2018 lalu.

Bahkan pada unggahan instagram pribadinya, pria yang akrab disapa Kang Emil ini ingin menyulap Kalimanag laiknya Sungai Cheonggyecheon, di Seoul, Korea Selatan.

Proyek ini sempat molor, hal tersebut akibat terkendala berbarengan dengan pembangunan Tol Becakayu di simpang BCP.

Revitalisasi rencananya akan dilakukan ke dalam empat titik zona yang seluruhnya sepanjang lima kilometer. Empat zona tersebut yakni, edukatif, ekologi, selebrasi, dan komersil.

Baca Juga:Kasus Konfirmasi Mayoritas Klaster KeluargaSegera Normalisasi Sungai Cisuda! Pemicu Banjir Bandang di Kota Sukabumi

Adapun untuk zona selebrasi rencananya akan di bangun di Kalimalang di dekat Giant Mega Bekasi Hypermall, zona ini kabarnya akan dikerjakan oleh pemerintah pusat.

Sedangkan zona kedua yakni edukatif, zona ini akan dibangun di titik kalimalang tepatnya dekat Kampus Unisma Bekasi yang kabarnya akan dibebankan ke Pemerintah Provinsi.

Untuk Zona Ekologi kabarnya akan dibangun di titik Kalimalang dekat Pintu Tol Bekasi Timur, kemudian untuk zona komersil kabarnya akan dibangun di sekitar kawasan bisnis Hotel Horison atau Metropolitan. (yud)

0 Komentar