Harga Beberapa Komoditas Naik Memasuki Ramadan

Harga Beberapa Komoditas
JL SURYAKENCANA - Harga sejumlah komoditas kebutuhan masyarakat di Kota Sukabumi harganya terpantau naik memasuki Ramadan. Penaikannya tak terlepas dipengaruhi fenomena yang terjadi di tingkat nasional. ( FOTO : ISTIMEWA )
0 Komentar

JL SURYAKENCANA – Harga sejumlah komoditas kebutuhan masyarakat di Kota Sukabumi harganya terpantau naik memasuki Ramadan. Penaikannya tak terlepas dipengaruhi fenomena yang terjadi di tingkat nasional.

Kepala Bidang Perdagangan Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustian, dan Perdagangan (Diskumindag) Kota Sukabumi, Widha Yudha Setiawan, menjelaskan penaikan harga sejumlah komoditas kebutuhan pokok penting masyarakat akibat pasokan yang berkurang. Seperti pada komoditas kacang kedelai.

“Naiknya harga kacang kedelai impor memasuki Ramadan karena pasokannya menurun. Artinya, kondisi ini dipengaruhi fenomena yang terjadi secara nasional saat ini,” kata Widha, kemarin.

Baca Juga:Penarik Becak dan Kusir Terima BantuanKembali ke Level 1, Penanganan Covid-19 di Kota Sukabumi Makin Terkendali

Pun pada beberapa komoditas sayuran, sebut Widha, terjadi penaikan harga. Faktor penyebabnya karena pengaruh iklim. “Kemungkinan hasil produksi pangan atau sayuran mengalami gagal panen. Produksi menjadi berkurang sehingga berdampak terhadap fluktuasi harga,” terangnya.

Diskumindag Kota Sukabumi, sebut Widha, telah melakukan berbagai upaya menyikapi kelangkaan dan kenaikan harga beberapa bahan pokok penting. Upaya di antaranya dilakukan dengan menjalin komunikasi ke Pemprov Jabar dan Kementerian Perdagangan.

“Kami melaporkan kondisi nyata pasokan dan stok bahan pokok penting di Kota Sukabumi yang saat ini ada beberapa di antaranya yang langka dan harganya naik,” pungkasnya. (ist)

0 Komentar