Berkah Ramadhan, Omzet Pedagang Kelapa Muda Meningkat

Berkah Ramadhan
LAPAK JUALAN : Salah satu Lapak Jualan Pedagang Kelapa Muda di Daerah Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi ( FOTO : ISTIMEWA )
0 Komentar

PALABUHANRATU – Bulan Ramadhan 1443 hijriah menjadi berkah tersendiri bagi pedagang Kelapa Muda di Kecamatan Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi. Pasalnya selama bulan ramadan tahun ini, omzetnya meningkat signifikan hingga tiga kali lipat dibanding bulan sebelumnya.

BACA JUGA : Patroli Biru, Polisi Sisir Daerah Rawan Tawuran di Sukabumi Utara

Dikarenakan kelapa muda kerap digemari dan menjadi pilihan utama untuk membuat ta’jil berbuka puasa, tak heran apabila penjualannya kian laris manis di saat bulan Ramadhan. “Alhamdulillah, bulan ramadhan ini pendapatan meningkat tiga kali lipat. Biasanya kelapa muda terjual sekitar 30 hingga 50 butir perhari, saat ini bisa mencapai 150 butir perhari,” ungkap salah satu pedagang kelapa muda di Palabuhanratu Asrizal (47).

Baca Juga:Patroli Biru, Polisi Sisir Daerah Rawan Tawuran di Sukabumi UtaraPenemuan Mayat IRT Gegerkan Warga Surade

Menurutnya, pedagang rata-rata mendapatkan penghasilan sebesar 250 ribu perhari. Namun kali ini meningkat cukup tinggi menjadi lebih kurang 700 ribu hingga per hari, angka tersebut dihitung kotor lantaran belum dikurangi harga pembelian dan juga biaya lain-lainnya. “Bulan Ramadhan biasanya menjadi momentum, atau waktunya panen setahun sekali bagi para pedagang kelapa muda yang paling ditunggu-tunggu. Sebab, pada bulan ini lah kami mendapatkan keuntungan lebih banyak dibanding hari-hari biasanya,” jelasnya.

Ia mengaku, biasanya mayoritas pembeli datang antara dua hingga empat jam menjelang berbuka puasa. Pada waktu-waktu tersebut merupakan momentum sibuk para pedagang untuk melayani pembeli. “Harganya pun naik, dari awalnya lima ribu menjadi tujuh ribu per butir. Karena kita harus bersaing mendapatkan pasokan dengan pedagang kelapa muda dadakan. Karena persaingan itu harga dari tengkulak sedikit naik juga,” paparnya.

BACA JUGA : Penemuan Mayat IRT Gegerkan Warga Surade

Pantauan dilapangan, penjualan kelapa muda di sekitaran Palabuhanratu dibandrol dengan harga berfariatif. Mulai 5 ribu, 7 ribu hingga 10 ribu perbutir. Bahkan ada juga yang mencapai 15 ribu hingga 25 ribu untuk jenis-jenisnya tertentu. (mg1).

0 Komentar