Antisipasi Mudik Lebaran, Polres Siapkan Skenario Arus Lalulintas

Antisipasi Mudik Lebaran
Kasat Lantas Polres Sukabumi, AKP Bagus Yudo Setiawan ( FOTO : ISTIMEWA )
0 Komentar

PALABUHANRATU – Satuan Polisi Lalu Lintas (Satlantas) Polres Sukabumi mengklaim, telah menyiapkan sejumlah skenario pengaturan lalulintas untuk mengantisipasi arus mudik lebaran serta lonjakan wisatawan.

Kepala Satua Lalu Lintas (Kasat Lantas) Polres Sukabumi Ajun Komisari Polisi (AKP) Bagus Yudo Setiawan mengatakan, skenario pengaturan lalu lintas diantaranya mempersiapkan personilnya mengawasi daerah rawan laka lantas seperti Letter S Cikidang. “Serta memasang spanduk-spanduk himbauan sebagai upaya untuk mengurangi fatalitas korban laka lantas,” ungkapnya kepada awak media kemarin (17/04).

BACA JUGA : Desa Target Utama Pembangunan di Sukabumi

Selain kawasan rawan laka lantas, pengaturan lalu lintas rawan kemacetan di jalur arteri mudik serta jalur wisata menjadi skenario penanganan arus lalulintas lainnya. Personilnya akan lebih difokuskan di beberapa lokasi rawan macet seperti di wilayah Cicurug mulai dari Pasar hingga simpang Cidahu, serta di jalur Parungkuda mulai dari simpang stasiun hingga Cibadak. “Untuk daerah rawan kemacetan lalu lintas di lokasi wisata, pengaturan akan di fokuskan di beberapa titik, seperti di Simpang Bagbagan, Simpang Damkar, Simpang Batu Sapi, Simpang Jangilus, jalur depan Tempat Pelelangan Ikan, Gunung Butak, Citepus serta Karang Hawu,” bebernya dengan rinci.

Baca Juga:Desa Target Utama Pembangunan di SukabumiCuaca Esktrem, Potensi Bencana Masih Tinggi

Bagus mengaku, telah menyiapkan jalur alternatif untuk digunakan apabila terjadi pengalihan arus pada saat lalu lintas padat. Serta menyiapkan sarana prasarana rekayasa arus lalu lintas seperti water barier, tolo-tolo, spanduk himbauan dan rambu-rambu portabel. “Dan menyiapkan pos pelayanan lalu lintas, pos terpadu, pos pengamanan dalam rangka Operasi Ketupat Lodaya 2022 di wilayah Kabupaten Sukabumi,” paparnya.

BACA JUGA : Cuaca Esktrem, Potensi Bencana Masih Tinggi

Untuk kelancaran operasi pengamanan ini, satlantas Polres Sukabumi sudah mempersiapkan 79 personilnya untuk diterjunkan di lapangan. Serta melakukan koordinasi kesiapan pengamanan Jalur arus mudik maupun Jalur wisata dengan instansi-instansi terkait. “Kami menghimbau kepada pemudik agar tetap berhati-hati dan tetap tertib saat berkendara ketika mudik dan berwisata, ikuti arahan dari petugas serta utamakan keselamatan dibandingkan kecepatan dan hindari pelanggaran lalu lintas,” pungkasnya mengingatkan. (mg1)

0 Komentar