Hektaran Sawah dan Rumah Terendam Luapan Sungai Cikalon

Hektaran Sawah dan Rumah Terendam Luapan Sungai Cikalon
BANJIR : Kondisi Sungai Cikalong yang meluap di Kampung Ciuyuhan RT002 RW009 Desa Tamanjaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. (ISTIMEWA)
0 Komentar

CIEMAS – Hujan deras dengan intensitas tinggi menyebabkan Sungai Cikalong meluap, akibatnya tanggul penahan air sepanjang Enam Meter Jebol yang berlokasi di Kampung Ciuyuhan RT002 RW009 Desa Tamanjaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi.

Jebolnya tanggul ini lantaran tak kuat menahan derasnya aliran dan tingginya volume air sungai Cikalong, hingga menyebabkan Tiga unit rumah dan satu Masjid serta hektaran sawah siap panen terendam banjir.

“Tiga rumah, satu masjid dan ratusan hektar sawah warga terdampak, bahkan padi yang sedang dipanen raib terbawa banjir,” ungkap warga sekitar Romli (38).

Baca Juga:Polres Sukabumi Minta PUPR Perbaiki Jalan RusakBupati Hadiri Rakernas APKASI XIVdi Bogor  

Menurutnya, tanggul sungai Cikaso sudah beberapa kali jebol dihantam arus sungai di setiap musim penghujan tiba. Warga sudah beberapa kali melakukan perbaikan sederhana secara manual sambil menunggu upaya renovasi dari pemerintah.

“Tanggul tersebut jebol sudah lama, lalu ditanggulangi oleh warga dengan di rucuk bambu. Dan kali ini jebol lagi, pemukiman warga yang diterjang banjir merupakan yang ke 11 kalinya sampai saat ini,” paparnya.

Sementara itu, P2BK Ciemas Idrus Stansyah menambahkan. Tiga rumah yang diterjangnya banjir dalam kondisi rusak berat, mereka kini telah mengungsi ke rumah saudaranya. “Ketinggian air yang merendam pemukiman warga kurang lebih setinggi 0,5 meter, warga dihimbau untuk tetap waspada,” tandasnya. (mg1)

0 Komentar