Ribuan Masyarakat Kabupaten Sukabumi Mendapat Sambungan Instalasi Listrik Gratis

Ribuan Masyarakat Kabupaten Sukabumi Mendapat Sambungan Instalasi Listrik Gratis
0 Komentar

SUKABUMI – Ribuan rumah tangga tak mampu di Kabupaten Sukabumi mendapat Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) gratis dari Program Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) yang bersinergi dengan Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI).

Hal itu disampaikan Direktur Pembinaan Pengusahaan Ketenagalistrikan, Jisman Hutajulu saat Peresmian dan Penyalaan Pertama Program BPBL Provinsi Jawa Barat, di Desa Sirnajaya, Kecamatan Warungkiara, Kabupaten Sukabumi yang dihadiri Anggota Komisi VII DPR RI, Ribka Tjiptaning Proletariyati, Jumat (18/11/2022) kemarin.

“Kementerian ESDM telah merencanakan sebanyak 14.304 rumah tangga calon penerima BPBL untuk Provinsi Jawa Barat (Jabar). Dari jumlah sebanyak itu untuk di Kabupaten Sukabumi akan mendapatkan 1.678 sambungan gratis bagi rumah tangga tak mampu yang tersebar di 19 kecamatan,” kata Jisman.

Baca Juga:bank bjb Apresiasi Kejari Kabupaten Sukabumi yang Recovery Uang Negara dari Kasus Dugaan SPK FiktifDPRD Dukung Pemkab Sukabumi Komitmen Turunkan Angka Stunting

“Ia mengatakan sasaran program BPBL adalah masyarakat yang sudah ada jaringan listrik di desanya, tapi mereka tak sanggupmembiayai pemasangan instalasi listrik.

Sementara Ribka mengatakan pentingnya elektrifikasi dalam kehidupan masyarakat.

“Sekarang kita sudah dapat listrik, penerangan merupakan kebutuhan yang luar biasa, termasuk untuk pendidikan. Anak-anak kita jadi bisa mengecas HP untuk belajar,” kata Ribka setelah sebelumnya menggambarkan maraknya fenomena belajar lewat Zoom selama masa pandemi.

Makanya ia sangat mendukung upaya pemerintah untuk melistriki masyarakat melalui program ini. “Pemerintah hadir dengan dorongan DPR. Kami harap masyarakat Sukabumi juga bisa merasakan terang dan merasakan listrik supaya mereka lebih produktif, maju, dan jadi juara,” terang Ribka.

Asisten Daerah Bidang Ekonomi Pembangunan Kabupaten Sukabumi, Akhmad Riyadi dalam kesempatan yang sama berharap program BPBL dapat mengurangi jumlah masyarakat yang belum terlayani listrik.

“Rasio Elektrifikasi Kabupaten Sukabumi sudah mencapai 100 persen, namun dengan perkembangan jumlah penduduk yang terus meningkat, masih terdapat rumah yang belum ada instalasi listriknya meski jaringannya sudah masuk desa,” tuturnya.

Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan menunjuk PLN dalam pelaksanaan program BPBL. General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Jawa Barat Susiana Mutia menyampaikan bahwa PLN siap berkomitmen dan berkolaborasi dengan stakeholder untuk mendukung program BPBL.

“Kami berkomitmen menyelesaikan seluruh pemasangan program BPBL untuk seluruh calon penerima manfaat agar masyarakat Jawa Barat dapat menikmati listrik secara menyeluruh,” ujar Susiana.

0 Komentar