Kelola Sampah dengan Fasilitas Mosam

Kelola Sampah dengan Fasilitas Mosam
0 Komentar

JL R SYAMSUDIN – Kota Sukabumi melengkapi fasilitas pengelolaan sampah dengan disalurkannya sebanyak 10 unit motor sampah (mosam) untuk 10 kelurahan. Penyerahannya dilakukan di Balai Kota Sukabumi, kemarin (14/12).

“Sampah jadi permasalahan dan dinamika yang luar biasa. Karena itu, pemerintah daerah dan aparat wilayah bertanggung jawab penuh terkait pengelolaan masalah sampah,” ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi di sela penyerahan, kemarin.

Fahmi tak memungkiri, pengadaan motor sampah dinilai penting. Selain karena pengadaan terakhir sekitar 6 tahun lalu atau sekitar 2016, juga untuk mengelola sampah di setiap wilayah.”Keberadaan mosam ini sangat penting dalam mengangkut sampah di lingkungan,” tegasnya.

Baca Juga:Tewas Tergilas Ban Tronton. Korban Diduga Hendak Naik, Namun TerpelesetCegah Premanisme, Polres Sukabumi Kota Gencarkan Operasi Pekat

Fahmi mengakui, kondisi mosam yang ada sekarang tidak maksimal karena usianya yang sudah cukup tua. Tahap pertama diberikan untuk 10 kelurahan. “Untuk kelurahan lainnya mudah-mudahan bisa dilakukan tahun depan. Insya Allah,” tuturnya.

Fahmi menegaskan fasilitas mosam harus digunakan secara maksimal. Tetapi di sisi lain harus dirawat serta menyiapkan anggaran perawatannnya di masing-masing wilayah.

“Gunakan dan pelihara dengan baik. Harus dirawat dengan benar. Ini sangat tergantung dengan perawatan dan kerapian masing-masing operatornya,” sebutnya.

Para lurah harus mengingatkan operator apabila kendaraan tidak dirawat dengan baik dan benar. Sebab apabila dirawat akan memberikan manfaat yang panjang.

“Layani masyarakat sebaik-baiknya. Kendaraan mosam ini memberikan pelayanan persampahan kepada warga sebagai bentuk menghadirkan layanan terbaik,” pungkasnya.

Hadir pada penyerahan mosam Sekda Kota Sukabumi Dida Sembada, Kepala Bappeda Kota Sukabumi Reny Rosyida Muthmainnah, dan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Kota Sukabumi Andang Tjahjandi. (rls)

0 Komentar