Susun RPD 2024-2026, Bappeda Kota Sukabumi Libatkan Berbagai Elemen

Susun RPD 2024-2026, Bappeda Kota Sukabumi Libatkan Berbagai Elemen
0 Komentar

JL SILIWANGI – Kota Sukabumi mulai menyusun rencana pembangunan 2024-2026. Penyusunannya diawali dengan digelar forum konsultasi publik rencana pembangunan daerah di salah satu hotel di Jalan Siliwangi, kemarin (15/12).

“Forum konsultasi publik ini menjadi satu sarana menampung aspirasi, saran, dan masukan dari para pemangku kepentingan. Kita undang peserta dari berbagai elemen, sehingga nanti akan tersusun rencana pembangunan daerah 2024-2026 yang sudah mengakomodir aspirasi masyarakat,” kata Wali Kota Achmad Fahmi pada sambutannya saat membuka kegiatan, kemarin.

Pada kesempatan itu hadir unsur pimpinan DPRD,  dan sekretaris perangkat daerah, camat, akademisi, komunitas, serta organisasi profesi. Bagi Fahmi, forum konsultasi publik sangat strategis. Ia berharap peserta yang hadir memberikan masukan sesuai tupoksi atau masing-masing bidang.

Baca Juga:Harga Telur Ayam Tembus Rp32 Ribu per KgWali Kota Terima Dua Penghargaan dari Baznas Jabar

“Sehingga dokumen yang disusun dan hasilnya bisa sempurna yang tertuang pada RPD 2024-2026,” ucapnya.

Kepala Bappeda Kota Sukabumi Reni Rosyida Muthmainnah menambahkan, forum konsultasi publik merupakan tahapan penyusunan RPD. Menurut Reni, RPD tak jauh berbeda dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) transisi.

“Jadi, ketika terjadi kekosongan kepala daerah karena habis di masa akhir jabatan, Bappeda harus menetapkan rencana tahunan agar tetap berjalan dibuatkan satu guidance yakni RPD,” jelas Reni.

Tujuannya, lanjut Reni, setelah melakukan pengkajian, baik dari isu strategis, permasalahan, program yang belum tuntas disesuaikan dengan program daerah, regional, dan pusat maupun RPJMD, maka dikonsultasikan kepada publik draf yang disusun sudah terakomodir atau yang belum sehingga bisa disempurnakan.

“Makanya, dengan diundangnya peserta semua elemen yang terlibat dalam pembangunan di Kota Sukabumi dapat memberikan masukan atau kritikan dalam penyusunan RPD 2024-2026,” pungkasnya. (mg5)

0 Komentar