TPPS Minta Semua Unsur Bersinergi Tangani Stunting

TPPS Minta Semua Unsur Bersinergi Tangani Stunting
0 Komentar

SUKARAJA – Wakil Bupati Sukabumi, Iyos Somantri Selaku Ketua Tim Percepatan Penanggulangan Stunting (TPPS) membuka rapat koordinasi Forum Kader Pembangunan Manusia (FKPM) Kabupaten Sukabumi di Aula Kantor Desa Pasirhalang Kecamatan Sukaraja.

Selasa (10/1). Sebelum acara dimulai, Iyos menyempatkan diri untuk menanam pohon di area desa Pasirhalang bersama Camat Sukaraja dan Kades Pasirhalang.

Iyos dalam arahanya menyatakan rakor tersebut intinya fokus pada peningkatan kapasitas pengetahuan tentang gizi oleh FKPM Kabupaten Sukabumi melalui kerjasama yang dibangun dengan Rumah Sakit Betha Medika. Karena pada hakikatnya peningkatan gizi sangat penting dalam penanganan stunting.

Baca Juga:Pria Asal Ciemas Tuntut Keadilan ke PA CibadakPemkab dan TNGGP Audensi Bahas Tentang Peluang Kerjasama

“Penuntasan stunting menjadi prioritas Pemkab Sukabumi untuk mewujudkan SDM yang unggul secara kualitas maupun kuantitas. Konvergensi ini sebagai upaya percepatan penurunan angka stunting melalui sinergitas pentahelix,” terangnya.

Lingkungan dan perilaku masyarakat, kata Iyos, sangat berpengaruh terhadap kesehatan. Oleh karena itu, perlu peningkatan kebersihan melalui perilaku hidup bersih dan sehat.

“Lingkungan dan PHBS bagus, Insya Allah stunting hilang, untuk itu mari ciptakan lingkungan bersih dan masyarakat taat PHBS,” ucapnya.

Iyos berharap semua unsur pentahelix bisa terlibat dan bergerak dalam upaya penuntasan stunting di Kabupaten Sukabumi.

“Penanganan ini, tidak akan tuntas 100 persen kalau hanya dilakukan Dinas Kesehatan saja. Namun harus didukung seluruh perangkat daerah terkait dan semua stakeholder,” ungkapnya.

Ia pun meminta rakor tersebut dijadikan sebagai momentum untuk memperkuat jalinan silaturahmi, memperkuat persatuan, saling berbagi pengetahuan dan pengalaman serta saling menolong antar anggota FKPM.

Selain itu, ikhtiar ini dapat membantu Pemkab Sukabumi untuk menggerakkan dan memberdayakan kader masyarakat desa dalam menyukseskan pembangunan Konvergensi Stunting di Kabupaten Sukabumi.

Baca Juga:Pantai Selatan Jawa Berpotensi Tsunami BMKG Akan Bangun Stasiun Geofisika di Kabupaten SukabumiBenarkah Beberapa Elit Gerindra Kurang Happy dengan Kehadiran Sandi?

“Saya harap seluruh masyarakat, perangkat daerah dan segenap lembaga kesehatan bersama-sama saling untuk bahu-membahu dalam mengakselerasi penanganan stunting sesuai dengan target capaiannya. Oleh karena itu, mari kita kampanyekan Stop Stunting di Kabupaten Sukabumi,” pungkasnya. (ist)

0 Komentar