Kang Emil Resmikan Situ Gede Bogor, Tampilannya Makin Glowing dan Eksotis

Kang Emil Resmikan Situ Gede Bogor, Tampilannya Makin Glowing dan Eksotis
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRES– Wajah baru Situ Gede telah diresmikan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pada Kamis, 19 Januari 2023.

Kawasan yang berada di aset Pemrov Jabar dengan memiliki luas sekitar 4,2 hektare tersebut semakin kental dengan nuansa eksotis sebagai destinasi wisata dan pengembangan ekowisata.

“Silakan manfaatkan situ gede yang sudah (direvitalisasi dengan anggaran, red) Rp 7 miliar direvitalisasi oleh provinsi, untuk penignkatan ekonomi, wisata,” kata Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil usai meresmikan Situ Gede pada Kamis 19 Januari 2023.

Baca Juga:PKS Optimistis Koalisi Terbentuk, Muzzammil Bilang Momenya Sudah TepatRum Dinas Kapolda Papua Hangus Terbakar

Menurutnya, banyak situ atau danau di Jawa Barat, tempat tersebut harus jadi tempat yang luar biasa secara fungsi dan lainnya.

“Mudah mudahan (revitalisasi Situ Gede, red) memberikan kemaslahantan bagi masyarakat. Dengan ini revitalisasi Situ Gede kota Bogor diresmikan,” katanya.

Situ Gede merupakan sebuah situ alami dikawasan Pusat Penelitian dan Pengembangan Kehutanan (PUSLITBANG) sebagai pengelola kawasan hutan konservasi.

Setelah direvitaliasi, Potensi Wisata Situ Gede Kota Bogor tidak hanya dari nuansa alam yang terdapat di sekitar Kawasan, Situ Gede saat ini sudah dikelola sebagai objek wisata domestik, dengan berbagai sarana rekreasi yang tersedia, seperti : Wahana air, Joggingtrack, Warung-warung kuliner, Kawasan hutan lindung.

Kawasan Situ Gede juga berada di kawasan hutan lindung, menyajikan suasana alami, air situ bersih dan tampungan air tetap terjaga sepanjang musim.

Sementara itu Kepala Dinas Sumber Daya Air Provinsi Jawa Barat, Dicky Ahmad Sidik, mengatakan, dengan penataan yang dilakukan, Pemerintah Provinsi Jawa Barat meyakini Kawasan tersebut bisa meningkatkan jumlah wisatawan berkunjung.

Lokasi Situ Gede dekat dengan kawasan perkotaan, Kawasan Pendidikan/IPB, Akses mudah dijangkau, yakni berada di Kelurahan Situ Gede Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor.

Baca Juga:Gabung PPP, Sandiaga Uno Berpeluang Dampingi Airlangga HartantoSurvei LSJ : Nyaris 50 Persen Pendukung Jokowi Mantap Pilih Prabowo

Situ Gede merupakan interkoneksi dari situ-situ sekitarnya, yaitu : Situ Leutik, Situ Panjang dan Situ Burung, sehingga pengembangan kawasan situ gede merupakan upaya Konservasi Sumber Daya Air dan pengendali banjir.

Ruang Lingkup Pekerjaan Tahun Anggaran 2021 meliputi : Pekerjaan Persiapan, Area Parkir, Pedestrian, Plaza, Jogging Track, Gerbang, Landscape, Selter, Toilet, Mushola, Selfie Spot, Bidang Sumber Daya Air (Perbaikan Tanggul Situ dan Pengerukan/Normalisasi Situ Gede).

0 Komentar