Survei LSJ : Nyaris 50 Persen Pendukung Jokowi Mantap Pilih Prabowo

Survei LSJ : Nyaris 50 Persen Pendukung Jokowi Mantap Pilih Prabowo
0 Komentar

JAKARTA ,SUKABUMIEKSPRES– Dukungan untuk Prabowo Subianto menuju pemilihan umum (pemilu) 2024 terus menguat.

Lembaga Survei Jakarta (LSJ) bahkan menyebut Prabowo memiliki pendukung yang akan tetap memilihnya pada pemilu mendatang.

Dalam surveinya tentang migrasi suara menjelang Pemilu 2024 yang dirilis Rabu (18/1), LSJ mensimulasikan jika pemilu 2024 hanya diikuti tiga capres, yakni Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan, kemana arah pendukung akan bermuara.

Baca Juga:Satrad 216 Cibalimbing Menggelar Sosialisasi Komcad Matra UdaraPolsek Sukaraja Siagakan Personel di Kawasan Wisata

Hasilnya, survei LSJ menunjukkan mayoritas pemilih Prabowo pada Pilpres 2019 atau 62,2% tetap loyal memilih Ketua Umum Partai Gerindra tersebut.

Direktur Riset LSJ Fetra Ardianto pun mengatakan isu migrasi suara pendukung Prabowo Subianto ke Anies Baswedan, tidak terbukti.

“Isu migrasi pendukung Prabowo Subianto ke Anies Baswedan ternyata dominan terjadi di dunia maya (media sosial). Realitas di akar rumput sebagaimana terpantau dari survei LSJ menegaskan bahwa pendukung Prabowo termasuk loyal voters yang fanatik yang tidak mudah terombang ambingkan isu-isu yang beredar di dunia maya,” kata Fetra.

Selain itu, LSJ juga menyoroti isu tentang arah dukungan Pemilih Presiden Joko Widodo (Jokowi) di 2019 terhadap tokoh-tokoh yang disebut bakal melanjutkan estasfet kepemimpinannya.

Hasilnya, Fetra mengatakan tren migrasi pendukung Jokowi kepada Prabowo Subianto terus meningkat.

“Dalam simulasi Pilpres 2024 hanya diikuti tiga capres, sebanyak 40,6% pemilih Jokowi di Pilpres 2019 mengaku akan memilih Prabowo jika Pilpres dilaksanakan saat ini,” ujarnya.

Lebih lanjut, Fetra mengungkap sejumlah alasan yang melatari bergesernya suara pendukung Jokowi kepada Prabowo.

Baca Juga:Bahas Ekonomi Dan Inflasi, Marwan Ikuti Rakornas Kepala DaerahSekda Minta Perkuat Literasi Hukum Di Masyarakat

Salah satunya berkaitan dengan kinerja Prabowo sebagai Menteri Pertahanan RI yang diapresiasi positif oleh publik.

Selain itu, sinyal endorsement yang terang-terangan ditunjukkan Jokowi dalam beberapa kesempatan juga membuat para loyalis Jokowi merapatkan barisan untuk Prabowo.

“(Sinyal endorsement) semakin menambah kemantapan para loyalis Jokowi menjatuhkan pilihan kepada Prabowo,” katanya.

Survei LSJ digelar selama 5-14 Januari 2023. Melibatkan 1.220 responden dari 34 provinsi, survei ini dilakukan dengan teknik wawancara tatap muka dengan menggunakan teknik pengambilan sampel secara acak bertahap (multistage random sampling). (Pram/fajar)

0 Komentar