Satrad 216 Cibalimbing Menggelar Sosialisasi Komcad Matra Udara

Satrad 216 Cibalimbing Menggelar Sosialisasi Komcad Matra Udara
0 Komentar

SUKABUMI,SUKABUMIEKSPRES– Spotdirga Mabesau melalui Satrad 216 Cibalimbing melaksanakan Sosialisasi Komponen Cadangan (Komcad) Matra Udara Tahun Aanggaran (TA) 2023 di Aula Indera Loka Satrad 216, Rabu (18/1).

Seperti diketahui, Undang-undang Nomor 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara mengamanatkan mengenai usaha bela negara, komponen cadangan dan komponen pendukung yang diatur dengan Undang-undang.

Amanat tersebut dilaksanakan dengan disahkannya Undang-undang 23 tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara.

Baca Juga:Polsek Sukaraja Siagakan Personel di Kawasan WisataBahas Ekonomi Dan Inflasi, Marwan Ikuti Rakornas Kepala Daerah

Dalam Sosialisasi ini hadir sebagai pemapar Paban VI/Taswilud Spotdirga Kol Kal Agung Purwohadi, S.T., Pabandyabintertaswilud Paban VI/Taswilud Letkol Sus Abdul Atik, dan Pabandyaanevtaswilud Paban VI/ Taswilud Spotdirga Letkol Kes Bagus Umbaryanto.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Komandan Satrad 216 Cibalimbing Letkol Lek Zendra Mawan Lekasana, Kadisops Satrad 216 Mayor Lek Adris, dan unsur Muspika Kecamatan di wilayah VI Sukabumi.

Kegiatan sosialisasi ini diikuti oleh peserta dari wilayah VI Kabupaten Sukabumi yang terdiri atas unsur ASN, Karyawan BUMN/D, Swasta, Mahasiswa, Profesi Bidang Penerangan, Organisasi Masyarakat, Organisasi Kepemudaan, Organisasi Pramuka maupun masyarakat umum lainnya yang berminat mendaftar sebagai Komponen Cadangan Matra Udara.

Melalui slide paparan dan video yang ditampilkan, terlihat para peserta sangat antusias mengikuti sosialisasi dan aktif menyampaikan pertanyaan yang sangat berbobot.

Melalui kegiatan ini diharapkan para peserta yang hadir dapat bergabung menjadi Komcad Matra Udara, serta menjadi kader untuk menyosialisasikan kepada khalayak luas sehingga diharapkan akan memberikan kesadaran kepada masyarakat tentang pentingya untuk bergabung menjadi Komponen Cadangan Matra Udara.

Seluruh Warga Negara Indonesia (WNI) dapat berpartisipasi sebagai Komcad Matra Udara. Komcad Matra Udara ini berfungsi untuk memperkuat komponen utama yakni TNI AU guna mengabdi dalam usaha pertahanan negara yang dilaksanakan secara sukarela.

Nantinya Komcad akan ditugaskan apabila negara dalam keadaan darurat.

“Komponen Cadangan bukanlah wajib militer, tetapi mengabdi dalam usaha pertahanan negara secara sukarela.”Terang Kol Kal Agung Purwohadi

Baca Juga:Sekda Minta Perkuat Literasi Hukum Di MasyarakatSembilan Tersangka Kasus Pencabulan Diciduk Polres Sukabumi, Dua Kasus Melibatkan Anak Dibawah Umur

Dia juga menyampaikan bahwa Komcad Matra Udara merupakan personel yang disiapkan untuk membantu TNI AU dalam mengantisipasi ancaman yang datang sewaktu-waktu. (ist)

0 Komentar