SDN Bunut Terapkan Literasi Ifish Mancer

SUKABUMI,SUKABUMIESKPRES – SDN Bunut Kota Sukabumi memiliki program literasi Ifish Mancer alias Ishikawa Fishbone dan Pengalaman Bercerita. Program tersebut tentunya untuk meningkatkan daya baca siswa serta membentuk karakter anak didik yang mandiri, kritis, serta percaya diri

Baca Juga: Sekda Minta Perkuat Literasi Hukum Di Masyarakat

“Para siswa dibiasakan percaya diri bisa berinteraksi dan bercerita di depan teman-teman yang lain. Jadi konsepnya, anak diminta membuat sebuah review cerita dalam format Ishikawa Fishbone.

” kata Kepala SDN Bunut, Dede Pramulyana, kepada wartawan, belum lama ini.

Ishikawa Fishbone merupakan bagian-bagian inti dari buku yang sudah dibaca. Lalu para siswa akan menceritakan pengalaman mereka setelah membaca buku tersebut.

“Dari hasil bercerita tujuannya agar para siswa mampu untuk memupuk kepercayaan diri. Para siswa bisa menuangkan hasil bacaan melalui tulisan hasil cerita di dalam bukunya,” terang Dede.

Baca Juga: Dispusip Kota Sukabumi Terus Tingkatkan Literasi Warga

Para siswa bisa saling berbagi pengalaman dari buku yang sudah dibaca sehingga akan muncul ketertarikan dari siswa lain. Jika awalnya hanya mendengar, maka nanti siswa akan tertarik mencoba membaca.

“Dari ketertarikan itu siswa akan memahami bahwa buku itu asyik untuk dibaca,” pungkasnya. (ist)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *