Kepala Disdikbud Kota Sukabumi, Hasan Asari : Tanamkan dan Jaga Kelestarian Cinta Bahasa Sunda

Kepala Disdikbud Kota Sukabumi, Hasan Asari : Tanamkan dan Jaga Kelestarian Cinta Bahasa Sunda
0 Komentar

SUKABUMI,SUKABUMIEKSPRES – Menanamkan, Sejumlah pelajar SD dan SMP mejuarai Festival Tunas Bahasa Ibu tingkat Kota Sukabumi. Kegiatan itu merupakan bagian menanamkan kecintaan dan melestarikan bahasa Sunda.

Ketua PJPP Bahasa Sunda, Supriadi, mengatakan festival tersebut mempertandingkan tujuh mata lomba. Kegiatannya diikuti sebanyak 168 peserta.

“Lomba ini dilaksanakan tiga jenjang dari mulai kecamatan hingga provinsi,” kata Supriadi di sela penutupan kegiatan, kemarin (8/2).

Baca Juga:Pemkot Dorong Disporapar BerinovasiKota Sukabumi Sukseskan Program PTSL

Adapun kategori lomba di antaranya mengarang, ngabodor sorangan, dan membaca puisi. Ia berharap kegiatan ini mampu menanamkan kecintaan generasi muda terhadap budaya sunda.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sukabumi, Hasan Asari, mengatakan ajang ini merupakan upaya menjaga kelestarian bahasa Sunda serta nilai yang terkandung di dalamnya.

“Festival Tunas Bahasa Ibu ini sebagai salah satu upaya dalam menjaga kelestarian bahasa Sunda serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. Di Indonesia ini ada sekitar 718 bahasa daerah yang tentu setiap daerah punya kewajiban untuk melestarikan. Mudah–mudahan ajang festival budaya ini menjadikan salah satu dorongan dan motivasi pada para peserta didik dan guru untuk tetap konsisten membudayakan pemanfaatan bahasa ibu dalam kegiatan komunikasi sehari-hari,” ujarnya. (ist/portal.sukabumikota.go.id)

0 Komentar