Wali Kota Harapkan Pers Lebih Informatif dan Edukatif

Wali Kota Harapkan Pers Lebih Informatif dan Edukatif
0 Komentar

JL R SYAMSUDIN, SUKABUMI EKSPRES – Wali Kota Harapkan,Hari Pers Nasional (HPN) ke–38 sekaligus Hari Jadi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) ke–77 tingkat Kota Sukabumi digelar di Balai Kota Sukabumi, kemarin (9/2).

Peringatan yang mengangkat tema ‘Pers Merdeka, Demokrasi Bermartabat’ itu diadakan PWI Kota Sukabumi bersama Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) Kota Sukabumi.

Upacara peringatannya dihadiri Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi, Kapolres Sukabumi AKBP Sy Zainal Abidin, serta unsur Forkopimda lainnya.

Baca Juga:Mewujudkan Jalur Pedesterian TerkoneksiAbu Rokok Sebabkan Kebakaran

Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi menyampaikan di era volatility, uncertainty, complexity, dan ambiguity (VUCA) saat ini, terdapat tiga tantangan yang dihadapi media.

Mereka harus menyuguhkan informasi yang smart atau bersifat edukatif, mengawal amanat rakyat dalam pesta demokrasi yang akan berlangsung, dan menjalin sinergi pentahelix.

“Tentu kami berharap agar pers mampu menjalankan peran dan fungsinya terutama menjelang tahun politik dengan memberikan informasi yang edukatif dan menenangkan,” kata Fahmi.

Fahmi menegaskan pers merupakan mitra. Jadi, pers pun berperan terhadap kondusivitas wilayah sehingga dituntut harus bisa memberikan informasi yang menenangkan.

“Berikan informasi yang sifatnya edukatif, menenangkan, dan bersama hindari informasi hoaks yang tersebar di masyarakat,” tegasnya.

Ketua PWI Kota Sukabumi, Mohammad Satiri, menambahkan insan pers selalu dituntut terus bertransformasi mengikuti perkembangan zaman. Di era digital saat ini, mereka harus bisa menjadi pers yang profesional.

“Serta harus menginformasikan yang dapat dipertanggungjawabkan,” tegasnya.

Di sisi lain, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Sukabumi Imran Whardhani memberikan kado spesial bersamaan Hari Pers Nasional. Ia meluangkan waktu mengendarai Bus Tayo yang mengantar pengurus IKWI menuju ke Balai Kota dari Kantor PWI Kota Sukabumi.

Baca Juga:Wakil Walkot Hadiri Pengukuhan Guru Besar Institut TazkiaBagian Hukum Sosialisasikan Produk Hukum

“Hari ini (kemarin), sebelum acara FPD Dishub saya sempatkan dahulu menjadi driver Bus Tayo untuk mengantar ibu-ibu IKWI menuju Balai Kota,” ujar Imran kepada wartawan.

Ia pun mengucapkan selamat HPN tahun 2023 kepada para jurnalis. Ia mengaku selama ini terus bersinergis dengan kalangan jurnalis di Kota Sukabumi.

0 Komentar