Jalan Menuju Geopark Ciletuh Tertutup Longsor

Jalan Menuju Geopark Ciletuh Tertutup Longsor
0 Komentar

CIEMAS,SUKABUMIEKSPRES – Jalan Menuju Geopark, Satu unit kendaraan roda dua yang melintas ruas jalan provinsi tepatnya di sekitar Jalan Penghubung Taman Jaya Panenjoan Geopark Ciletuh di Desa Mekarsakti, Kecamatan Ciemas tertimbun longsor, Rabu (15/2) sekitar pukul 18.45 WIB.

Beruntung pengendara roda dua tersebut masih bisa selamat, hanya saja motor yang dikendarainya tertimbun longsoran tanah. Kejadian itu disebabkan, kondisi tanah yang labil serta hujan deras. Material longsor yang menutup akses jalan memiliki ketebalan yang diperkirakan sekitar 3- 4 meter dengan ketinggian tebing longsor diperkirakan 30 – 50 meter.

BACA JUGA: Satu Unit Rumah di Simpenan Tertimpa Longsor

Kepala Satuan Pemeliharaan Jalan dan Jembatan (KSPPJJ) Dinas Binamarga UPTD 2 Provinsi Jabar, Entis Sutisna, mengatakan peristiwa tebing longsor terjadi di ruas jalan Waluran Malereng Palangpang KM BDG 209+00 di Tanjakan Cipeucang, Desa Mekarsakti, Kecamatan Ciemas saat ini sedang dilakukan upaya penanganan evakuasi.

Baca Juga:Musrenbang Kecamatan Palabuhanratu Usulkan 62 Program PrioritasSatu Unit Rumah di Simpenan Tertimpa Longsor

“Saat ini jalan tertutup longsoran tanah, imbauan bagi masyarakat yang melintas baik ke arah Ciwaru atau sebaliknya ke Tamanjaya, sementara waktu tidak bisa dilewati,” ungkapnya.

Adapun untuk upaya penanganan, kata Entis, Binamarga, URC, Unit Reaksi Cepat, polsek, dishub, Damkar dan unsur terkait lainnya sudah diturunkan berjaga agar masyarakat atau pengguna jalan sementara waktu tidak boleh melintas.

BACA JUGA: Ruas Jalan Cisarakan Tertutup Longsor

“Seluruh badan jalan tertutup, ada dua orang pengendara motor yang terjebak longsoran namun selamat, hanya saja motornya tertimbun. Alhamdulillah hanya alami luka-luka saja, sekarang sudah ditangani tim medis puskesmas tamanjaya,” jelasnya.

Sementara Binamarga sudah menurunkan alat berat, sekarang sedang mobilisasi satu unit beko, satu unit build loder sama dua unit dump truck.

BACA JUGA: Longsor dan Banjir Terjang Kawasan PT Freeport

Sementara itu, Kapolsek Ciemas Polres Sukabumi, Iptu Azhar menambahkan saat ini proses evakuasi terkendala cuaca hujan sehingga menghambat personel gabungan. Untuk itu, Azhar memasang personel kepolisian di dua titik untuk menghimbau para pengendara tidak melintas dan memutar balik kendaraannya.

 “Proses evakuasi tadi terkendala cuaca, sampai hari ini baru sekian persen kita evakuasi material longsor,” pungkasnya. (ist)

0 Komentar