Stok Beras Cukup Hingga Ramadan

Stok Beras Cukup Hingga Ramadan
0 Komentar

CIANJUR,SUKABUMIEKSPRES – Pedagang beras di Pasar Induk Cianjur memastikan stok jenis premium tersedia hingga Ramadan. Namun, untuk jenis medium stoknya belum bisa dipastikan karena tergantung masa panen.

“Kalau (stok) premium insya Allah cukup kalau sampai puasa,” kata Faisal, pengelola toko beras Sri Wahyuni di Blok C Pasar Induk Cianjur, kemarin (20/2).

Faisal tak memungkiri harga komoditas beras akhir-akhir ini trennya cenderung naik. Jenis medium harganya saat ini kisaran Rp11 ribu-Rp11.500 per kilogram dan jenis premium kisaran Rp12 ribu-Rp12.500 per kilogram.

Baca Juga:Diskominfo Waspadai Modus Penipuan via File APKKerahkan Brimob Jaga Kondusivitas di Sukabumi

“Kalau beras medium harga normal biasanya kisaran Rp9 ribu-Rp10 ribu per kilogram. Kalau yang premium paling tinggi itu sekitar Rp10.500 per kilogram,” ucapnya.

Kenaikan harga beras terjadi sejak November 2022. Kenaikannya terjadi secara bertahap. “Selisih naiknya rata-rata antara Rp1.000 sampai rp1.500 per kilogram. Itu juga engga langsung naik segitu, tapi naiknya bertahap,” tutur Faisal.

Ia menyebut naiknya harga beras akhir-akhir ini disebabkan berbagai faktor. Di antaranya kondisi cuaca ekstrem serta belum memasukinya musim panen padi.

“Informasinya bulan tiga (Maret) masuk masa panen itu. Kalau sudah panen mah pasti harga juga akan normal lagi,” ungkapnya.

Pelanggan di tokonya, sebut Faisal, kerap komplain dengan kondisi harga beras saat ini. Tapi Faisal berupaya menyesuaikan harganya supaya tidak terlalu membebani masyarakat.

“Kami mah coba menyesuaikan. Di sini harganya masih kisaran Rp12 ribuan. Kalau di yang lain sudah Rp13 ribu sampai Rp14 ribu,” kata Faisal.

Selain menjual jenis premium dan medium, kata Faisal, di tempat usahanya dijual juga beras Bulog. Harganya disesuai dengan harga eceran tertinggi di kisaran Rp9.450 per kilogram.

Baca Juga:TPT Ambruk Ancam Lahan PersawahanPolitisi Hanura Pastikan Wiranto Pindah ke PAN

Beras Bulog ada juga. Tapi harganya sesuai HET, per kilogram Rp9.450,” pungkasnya. (ist)

0 Komentar