Tingkatkan Produksi Beras Lokal

Tingkatkan Produksi Beras Lokal
0 Komentar

JL CEMERLANG, SUKABUMIEKSPRESĀ – Tingkatkan Produksi Beras Lokal. Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Sukabumi, Jawa Barat, terus melakukan berbagai inovasi untuk meningkatkan produksi beras lokal untuk memenuhi kebutuhan masyarakat setempat.

“Ketahanan pangan menjadi fokus kerja pada tahun 2023, salah satunya melakukan inovasi agar bisa meningkatkan kuantitas dan kualitas beras yang diproduksi para petani di Kota Sukabumi,” kata Kepala DKP3 Adrian Hariadi di Sukabumi, Senin.

Adrian mengatakan bahwa lahan sawah di daerah ini terbatas seiring dengan meningkatnya pembangunan.

Baca Juga:Lima Remaja Aniaya Pelajar, Tak Berkutik Ditangkap PolisiWali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi Tekankan Disiplin SPIP

Namun, kondisi seperti ini tidak harus selalu menjadi hambatan atau alasan dalam upaya meningkatkan produktivitas padi.

Maka dari itu, pihaknya terus berupaya untuk menciptakan inovasi agar produktivitas setiap lahan yang ditanami padi terus meningkat sehingga produksi beras ikut meningkat.

Salah satu upaya yang dilakukan pihaknya adalah menguatkan peran penyuluh pertanian untuk memberikan edukasi kepada setiap petani ataupun kelompok tani agar bisa meningkatkan produksi beras, seperti mempercepat olah tanah dan tanam.

Selain itu, pihaknya pun terus berupaya untuk menyediakan benih unggul yang tahan dari hama, cepat tumbuh, dan menghasilkan bulir padi yang banyak serta cepat panen.

“Dengan meningkatnya produksi beras, Kota Sukabumi tidak selalu mengandalkan pasokan dari daerah lain. Kami pun optimistis dengan adanya kerja sama dengan seluruh pihak, produksi beras bisa akan terus meningkat,” katanya.

Adrian mengatakan bahwa DKP3 Kota Sukabumi akan memfasilitasi seluruh yang terlibat dalam ketahanan pangan, mulai dari penyediaan, benih, bibit, pupuk, hingga sarana dan prasarana lainnya.

Selain itu, menampung berbagai masukan atau aspirasi dari para kelompok tani terkait dalam upaya meningkatkan produktivitas tanaman pangan serta menjawab tantangan pada isu ketahanan pangan.

Baca Juga:Stok Beras Aman hingga RamadanWali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi : Diskominfo Kota Sukabumi Harus Terdepan dalam Percepatan Digitalisasi

Sesuai dengan Rencana Pembangunan Daerah Kota Sukabumi 2024ā€”2026 yang memuat strategi peningkatan ketahanan pangan dengan arah kebijakan menjaga stabilitas harga barang kebutuhan pokok dan meningkatkan diversifikasi pangan masyarakat. (ant)

0 Komentar