Rawan Pohon Tumbang

Rawan Pohon Tumbang
0 Komentar

JL BHAYANGKARA,SUKABUMIEKSPRES – BPBD Kota Sukabumi mewaspadai potensi kerawanan pohon tumbang. Seperti yang terjadi di ruas Jalan Bhayangkara, kemarin (22/2).

Sebuah pohon tumbang melintang ke jalan. Diduga, kondisi itu akibat kondisi pohon yang sudah lapuk diperparah dengan tingginya curah hujan disertai angin kencang akhir-akhir ini.

“Sebuah pohon di dekat kantor Pengadilan Negeri Kota Sukabumi dilaporkan tumbang tadi pagi (kemarin) sekitar pukul 07.50 WIB,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kota Sukabumi, Novian Rahmat Taufik, pada keterangan tertulisnya, kemarin.

Baca Juga:Harga Cabai Terpantau TurunKuatkan Sinergitas, TNI-Polri Apel Bersama

Kejadian itu menyebabkan arus lalu lintas kendaraan sempat tersendat. Pasalnya, pohon yang tumbang melintang ke badan jalan.

“Untuk penanganannya kami berkolaborasi dan sinergis dengan tim Si Galak Tajam (Tim Siap Jaga Laksanakan 24 Jam) Dinas PUTR. Pohon yang tumbang sudah bisa kami atasi. Arus lalu lintas kendaraan kembali lancar,” terangnya.

Untuk mengantisipasi potensi kerawanan pohon tumbang, lanjut Novian, BPBD bersama tim Si Galak Tajam Dinas PUTR Kota Sukabumi menyusuri ruas-ruas jalan lain. Mereka memangkas pepohonan yang berpotensi rawan tumbang di sejumlah titik.

“Ini sebagai bentuk antisipasi agar tidak terjadi pohon tumbang,” pungkasnya.

Di tempat terpisah, BPBD bersama aparatur pemerintah Kelurahan/Kecamatan Warudoyong memantau titik titik lokasi yang rawan banjir dan tanah longsor. Upaya itu dilakukan karena sampai saat ini curah hujan masih cukup tinggi.

“Ada tiga lokasi yang kami waspadai rawan banjir dan tanah longsor di Kelurahan Warudoyong,” kata Kepala Seksi Pembangunan Kelurahan Warudoyong, Evy, kemarin.

Tiga lokasi rawan bencana hidrometeorologi di Kelurahan Warudoyong berada di Kampung Pelangi RT 02/05 yang rawan longsor serta RT 02/01 dan RT 06/02 yang rawan banjir. (ist)

0 Komentar