PKL Akan Punya Zona Khusus untuk Jualan di Masjid Raya Al Jabbar

Masjid Raya Al Jabbar, Gedebage, Kota Bandung, Jawa Barat. Kredit Foto: ANTARA/HO-Humas Pemda Jawa Barat
0 Komentar

Sukabumi Ekspres – Para pedagang kaki lima (PKL) akan memiliki lapak jualan di Masjid Raya Al Jabbar, Gedebage, Kota Bandung, Jawa Barat. Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil berencana membangun area khusus bagi PKL pada kawasan masjid kebangaan warga Jabar tersebut menjelang bulan Ramadhan 2023.

Ditempatkannya  pedagang kaki lima di zona khusus merupakan solusi penataan. Dengan begitu, nantinya mereka tetap dapat berjualan secara tertib dan rapih. Dikatakan oleh Ridwan Kamil, area khusus untuk PKL itu bakal bernama Pasar Bazar Al Jabbar.

“Menjelang Ramadhan di area Masjid Al Jabbar, akan ditempatkan zona khusus,” ucap pria yang akrab disapa Kang Emil itu dalam keterangan resminya dikutip dari prfmnews.id, hari Kamis (2/3).

Baca Juga:eTimnas Indonesia Perkasa di Week 3 FIFAe Nations Series 2023 Play-insParade Film Genre Horor Indonesia pada Maret 2023, Ada 5 Film!

Kang Emil mengatakan Pasar Bazar Al Jabbar  dibangun di atas lahan milik warga.  Dia pun mengungkapkan bahwa rencana pembangunan pasar tersebut sudah mendapat persetujuan dari warga pemilik lahan.

“Di lahan milik warga yang bersedia membangun pasar yang saya namai Pasar Bazaar Al Jabbar,” tutur dia.

Sebelumnya di kesempatan berbeda Ridwan Kamil juga pernah menyatakan bahwa PKL tidak dilarang untuk berdagang di sekitar  Masjid Raya Al Jabbar, melainkan perlu ada penataan. Tak hanya ditempatkan khusus, dibuat pula aturan main yaitu para pedagang di Al Jabbar diprioritaskan adalah warga lokal.

Melansir dari laman Portal JABARPROVGOID, sebelumnya terungkap banyak pedagang kaki lima  ternyata bukan berasal dari wilayah sekitar sehingga menyebabkan kedipsiplinan tidak terkendali.

“PKL itu boleh tapi yang diprioritaskan adalah warga lokal. Kemarin terdeteksi banyak PKL bukan warga setempat. Karena ramai jadi kedisplinan tidak terkendali,” imbuh Kang Emil pasca memimpin Rapat Evaluasi Al Jabbar di Masjid Raya Al Jabbar, Rabu (1/3) dikutip dari laman Portal JABARPROVGOID.

Mantan walikota Bandung itu menargetkan semua PKL Masjid Raya Al Jabbar bakal tertib di bulan Ramadahan tahun 2023 ini. Menurut prediksinya, Al Jabbar saat Ramadhan 2023 akan penuh oleh warga yang ingin beribadah sekaligus menjadi tempat favorit baru untuk ngabuburit.

0 Komentar