Klub Liga 1 Yang Terdampak Pembatasan Pemain Naturalisasi

Marc Klok sedang berlatih
Salah satu pemain naturalisasi Persib Bandung, Marc Klok (Foto: www.persib.co.id)
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRES – Hasil sarasehan yang dilakukan oleh PSSI ternyata masih diributkan oleh publik sepakbola. Padahal hasil ini belum disahkan. Bagaimana nanti apabila peraturan ini disahkan? Tentu bakal mengundang polemik yang lebih besar.

Sebagaimana kita ketahui, beberapa klub liga 1 memiliki pemain naturalisasi. Bahkan ada yang lebih dari dua pemain dan menjadikan mereka sebagai tumpuan tim.

Berikut klub BRI Liga 1 yang memiliki pemain naturalisasi terbanyak:

  1. Persib Bandung

Persib Bandung memiliki 3 pemain naturalisasi, yaitu Victor Igbonefo, Marc Klok, dan Ezra Wallian. Dua nama terakhir merupakan pemain naturalisasi dari Belanda. Tiga pemain ini pernah membela timnas Indonesia dan merupakan pemain kunci Persib Bandung musim ini, terutama Marc Klok yang memimpin lini tengah Persib Bandung.

Baca Juga:Kalahkan Dortmund, Posisi Graham Potter Pasti Aman?Garuda Muda Susul Jejak Vietnam

  1. RANS Nusantara

RANS Nusantara memiliki dua pemain naturalisasi, tetapi tergolong sudah pemain gaek, yaitu O.K. John dan Cristian Gonzales. Onorionde Kughegbe John alias O.K. John merupakan pemain naturalisasi dari Nigeria dan Cristian Gonzales merupakan pemain naturalisasi dari Uruguay. O.K. John saat ini merupakan pemain RANS Nusantara yang menit bermainnya sedikit berkurang usai kalah saing dengan bek RANS lainnya. Sementara, El Loco (julukan Gonzales) saat ini dipinjamkan ke PSIM Yogyakarta yang bermain di Liga 2.

  1. Borneo FC

Stefano Lilipaly dan Diego Michiels merupakan pemain  naturalisasi di klub yang bermarkas di Samarinda ini. Mereka berdua merupakan tumpuan tim yang berjuluk Pesut Etam tersebut. Kedua pemain merupakan pemain naturalisasi dari Belanda. Sebelum bergabung dengan Borneo FC, Lilipaly membela Bali United dan ikut menjadi skuad juara back to back Liga 1. Sementara, Diego Michiels telah cukup lama membela Borneo FC walau sempat pindah ke Arema FC.

  1. Madura United

Madura United memiliki empat pemain naturalisasi di skuadnya musim ini. Ada nama Alberto Goncalves (naturalisasi dari Brazil), Esteban Vizcarra (Naturalisasi dari Argentina), Lee Yu-Jun (naturalisasi dari Korea Selatan), dan pemain baru didatangkan di putaran kedua, Otavio Dutra (naturalisasi dari Brazil). Otavio Dutra didatangkan oleh Madura United untuk menggantikan posisi Fachruddin Ariyanto yang sedang dibekap cidera.

0 Komentar