Identik Kala Bulan Puasa, Simak Manfaat Nata De Coco

Nata De Coco Makanan yang Identik Kala Bulan Puasa. Sumber Foto: Pixabay
On white background with copy space
0 Komentar

Sukabumi EskpresBulan Ramadhan di tahun 2023 tinggal menghitung hari. Nata De Coco menjadi salah satu makanan yang kerap ramai diburu saat bulan penuh berkah tersebut tiba. Orang-orang umumnya menjadikan makanan itu sebagai tambahan pada sejumlah varian takjil untuk berbuka puasa.

Nata De Coco adalah hasil fermentasi kelapa dan berasal dari negara di Asia yaitu Filipina, meski namanya diambil dari bahasa Spanyol yang artinya krim kelapa. Sepanjang proses pembuatannya, air kelapa akan difermentasi melalui bantuan mikroba Acetobar xylinium.

Umumnya Acetobar xylinium terdapat pada ekstrak tanaman gula yang sudah terfermentasi, namun biasa juga dijumpai pada buah-buahan dan sayuran yang telah membusuk. Mikroba tersebut pun dapat mengubah gula dalam air kelapa menjadi asam asetat serta benang selulosa.

Baca Juga:Terungkap! Drakor Goblin Menginspirasi Makoto Shinkai Saat Membuat SuzumeSancho & Antony Starter, Ini Prediksi Line-up MU vs Real Betis di UEL 2022/2023

Tampak olahan air kelapa ini biasanya bening dengan memiliki tekstur padat yang kenyal. Selain rasanya sedap, makanan yang identik saat bulan puasa itu pun memiliki manfaat dari segi kesehatan.

Berdasarkan laman sehatq.com, sejumlah nutrisi yang terkandung pada Nata De Coco dalam minuman manis atau sirup adalah: 67,7% air, 0,2% lemak,12 mg kalsium, 5 mg zat besi, serta 2 mg fosfor.

Walau dalam jumlah sedikit, makanan tersebut mengandung vitamin B1, protein, serta riboflavin. Nilai gizi produk olahan dari hasil fermentasi kelapa berbentuk dadu ini pun bisa ditingkatkan melalui cara difortifikasi dengan vitamin dan mineral.

Manfaat pertama Nata De Coco untuk kesehatan ialah menjaga kesehatan pencernaan. Terlepas dari rendahnya kandungan nutrisinya, makanan ini memiliki kandungan serat pangan yang lumayan tinggi.

Serat tersebut membantu menyehatkan dan melancarkan pencernaan. Alhasil apabila mengonsumsi Nata De Coco, kita dapat mengurangi risiko mengalami susah buang air besar alias konstipasi. Selain itu juga, membantu menurunkan risiko wasir, radang usus buntu, kencing manis, sampai penyakit jantung coroner.

Makanan itu juga cocok bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan lantaran kandungan seratnya tinggi sedangkan kalorinya rendah. Orang akan aman mengonsumsinya dan lemak pun takkaan menimbun di badan mengingat tingginya serat dan rendahnya kalori.

0 Komentar