Masyarakat Kembali Menanam Edelweiss Usai Dirusak

Masyarkat sekitar Kampung Cai Ranca Upas mulai menanam kembali bunga edelweiss. Sebelumnya Bupati Bandung Dadang Supriatna marah akibat acara motor trail yang diadakan pada tanggal 5 Maret 2023.
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRES- Masyarkat sekitar Kampung Cai Ranca Upas mulai menanam kembali bunga edelweiss. Sebelumnya Bupati Bandung Dadang Supriatna marah akibat acara motor trail yang diadakan pada tanggal 5 Maret 2023. Kegiatan event yang diadakan di kampung cai Ranca Upas Kabupaten Bandung ini berakhir ricuh karena para peserta kecewa dan marah pada panitia.

Didalam videonya yang viral beliau mengatakan “Ku urang dimumule leuweung teh, Ku aranjeun di rusak (kami merawat hutan dengan baik, kalian hanya bisa merusak). Video yang viral tersebut tersebar dimana-mana.

Selain kekecewaan para perserta, ternyata para warga Kampung Cai Ranca Upaspun merasakan kekecewaan yang sama pada panitia penyelenggara dan juga peserta. Sebab para motor trail tersebut merusak jalan dan juga perkebunan milik warga sekitar.

Baca Juga:Kim Sae Ron Hadiri Sidang Kasusnya Hari iniNetizen Di Korea Selatan Mulai Spill Lokasi Gereja-Gereja JMS.

Dilansir dari video mang_uprit_mangprang79 mengungkapkan kekecewaannya kepada panitia dan juga pihak perhutani yang memberikan izin kegiatan di Ranca Upas. Pasalnya kerusakan tersebut berimbas pada kebun bunga Edelweiss yang dilestarikan di rawa Ranca Upas Ciwidey Kabupaten Bandung. Dia juga tidak habis pikir bagaimana bisa seorang pihak perhutanu memberi perizinan dengan mudah.

Efek dari acara tersebut dikabarkan bahwa lahan tersebut hancur tanpa tersisa apapun, sehingga menyebabkan amarah besar bagi Bupati Bandung. Beliau mengatakan bahwa untuk mennghijaukan kembali lahan ini membutuhkan waktu yang cukup lama. Para warga telah menanam dan mengembangkan bunga edelweiss ini sejak masih menjadi tunas, sekarang bunga yang sudah tumbuh itu dihancuri oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Baginya bunga Edelweiss ini selain menjadi sumber kehidupan hal yang paling utama yaitu untuk melestarikan bunga tersebut. Bahkan disekitar lahan tersebut telah terpasang plang pemberitahuan ‘Dilarang memetik/mengambil bunga rawa!’.

Tetapi melalui akun tiktoknya mang_uprit_mangprang79 beliau mengkonfirmasi bahwa lahan tersebut telah ditanami kembali dengan bunga edelweiss. Besar harapannya lahan ini bisa hijau kembali. Terlihat masyarkat juga saling membantu dalam penanaman tumbuhan tersebut.

“Alhamdulillah akhirnya sudah bisa seperti inilagi mudah-mudahan ini cepat tumbuh hujau segar kembali ya biar lebih bagus lagi” ucapnya didalam video tersebut.

0 Komentar