Ubi Cilembu Bahan Utama Untuk Takjil Warga Sumedang, Penting Menjelang Ramadhan

Ubi Cilembu Bahan Utama Untuk Takjil Warga Sumedang, Penting Menjelang Ramadhan
0 Komentar

SUMEDANG, SUKABUMIEKSPRES – Bahan Utama, Ubi Cilembu merupakan salah satu makanan kaya akan karbohidrat yang menjadi bahan utama pembuatan berbagai aneka ragam untuk bahan takjil.Selain itu, banyak sekali aneka ragam olahan makanan yang menggunakan ubi.

Warga Sumedang perlu tahu bagaimana asal muasal Ubi Cilembu ini hingga banyak diminati penikmatnya.

Menjelang Bulan ramadhan ini banyak orang berburu ubi untuk membuat olahan takjil.

Baca Juga:Daftar Anime Spring yang Aman Ditonton Saat Bulan RamadhanPemkab Pantau Harga dan Stok Bahan Pokok di Pasar Cicurug 

Ubi jalar dikenal dengan nama ketela rambat, huwi boled (Sunda), tela rambat (Jawa), sweetpotato (Inggris), dan shoyo (Jepang) merupakan sumber karbohidrat yang cukup penting dalam sistem ketahanan pangan kita.

Bukan Cuma karbohidrat sebagai kandungan utamanya, ubi jalar juga mengandung vitamin, mineral, fitokimia (antioksidan) dan serat (pektin, selulosa, hemiselulosa).

Ada beberapa varietas ubi jalar yang ada di Indonesia yaitu Daya, Borobudur, Prambanan, Mendut, Kalasan, Muara Takus, Cangkuang, Sewu. Sedangkan varietas-varietas yang baru dilepas tahun 2001 antara lain: Cilembu yang berasal dari Sumedang.

Masing-masing varietas memiliki rasa khas yang berbeda-beda. Ubi Cilembu merupakan salah satu produk pertanian unggulan bagi Pemerintah Kabupaten Sumedang. Daerah penghasil ubi cilembu adalah Cilembu, Cadas, Pangeran, Sumedang.

Ubi cilembu berkulit gading, berurat, dan panjang, sedangkan getahnya akan meleleh seperti madu ketika dipanggang.

Ubi ini sangat manis dan pulen, berbeda dengan ubi pada umumnya. Rasa manis dari ubi Cilembu akan lebih terasa apabila ubi dibakar dalam open, terutama apabila ubi mentah telah disimpan lebih dari satu minggu.

(Writer: Puji Fauziah)

0 Komentar