Coba Tips Ini Supaya Tidak Kalap Makan Saat Berbuka Puasa

Ilustrasi Tips Agar Tidak Kalap Makan Ketika Berbuka Puasa.
Ilustrasi Tips Agar Tidak Kalap Makan Ketika Berbuka Puasa. Sumber Foto: Pexels.
0 Komentar

Sukabumi Ekspres – Pernah mengalami kalap makan ketika buka puasa tiba? Coba tips-tips berikut agar tidak terulang. Waktu maghrib sebagai penanda waktu berbuka puasa tiba merupakan salah satu momen paling dinantikan pada bulan Ramadhan.

Di waktu tersebut, umat muslim akhirnya bisa kembali makan dan minum setelah menahan nafsu selama berpuasa hampir 13 jam. Meski demikian, ternyata tetap ada ujian di waktu berbuka puasa yaitu salah satunya ‘lapar mata’ atau kalap makan. Banyak orang mungkin pernah mengalami obsesi menyantap berbagai jenis hidangan dalam jumlah banyak untuk ‘membalas’ rasa lapar selama menjalani puasa.

Padahal makan berlebihan sejatinya berdampak buruk bagi kesehatan seseorang yang sudah berpuasa seharian. Mengutip dari Healthline, terlalu banyak makan bisa menyebabkan perut kembung, membebani sistem pencernaan, hingga meningkatkan risiko penyakit diabetes.

Baca Juga:Resep Bakso Ayam Ala Chef Jerry Andrean, Ide Menu Bulan PuasaHasil MPL ID S11; Geek Slate Bekap RRQ, Perbesar Kans ke Upper Bracket

Supaya tidak kalap makan ketika buka puasa tiba, beberapa trik jitu alias tips-tips berikut dapat kalian praktikan.

Tips Agar Tidak Kalap Makan Saat Berbuka Puasa:

  1. Memenuhi cairan tubuh

Begitu waktu buka puasa tiba, segerakan minum cukup air sebelum menyantap hidangan takjil untuk menghindari keinginan banyak makan. Memenuhi kebutuhan cairan bisa membuat tubuh tidak merasakan sangat lapar seperti yang sebelumnya terasa selama berpuasa.

  1. Bawa uang secukupnya jika ingin belanja makanan

Membawa uang secukupnya jika hendak membeli makanan mau pun takjil penting pula untuk dilakukan. Melakukan cara ini, membuatmu bisa menghindari lapar mata belanja banyak hidangan yang akhirnya berpotensi memunculkan rasa kalap.

  1. Membuat makanan dan takjil di rumah

Alangkah baiknya kalian memasak makanan berat mau pun takjil di rumah ketimbang jajan di luar. Pasalnya membuat makanan sendiri dapat membantu mengontrol keinginan makan dengan cara menyesuaikan porsi hidangan yang akan disantap.

  1. Makan secara perlahan

Mengonsumsi makanan dengan perlahan membantu menstimulasi tubuh untuk merasa kenyang lebih cepat sehingga dapat mencegah timbulnya rasa untuk menambah porsi makan.

  1. Membatasi makanan manis dan berlemak

Makanan manis dan berlemak merupakan menu hidangan berbuka favorit setiap keluarga, terlebih makanan manis memang keutamaan dalam bulan puasa. Kendati begitu disarankan membatasi porsi dan tingkat kemanisannya ketika menyantapnya karena makanan manis yang berlemak berpotensi membuat orang kian kalap ketika makan.

0 Komentar