Apakah Timnas Indonesia U-20 Masih Bisa Ikut Piala Dunia U-20 Walau Batal Jadi Tuan Rumah?

Apakah Timnas Indonesia U-20 Maish Bisa Ikut Piala Dunia U-20 Walau Batal Jadi Tuan Rumah?
Timnas Indonesia U-20 Batal Menjadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20. Sumber Foto: Situs Resmi PSSI.
0 Komentar

Sukabumi Ekspres – Pernyataan tersebut mungkin ada di benak banyak masyarakat penggemar sepakbola Tanah Air pasca Indonesia dipastikan batal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Ya, timnas Indonesia U-20 batal menjadi tuan rumah akibat FIFA selaku induk organisasi sepakbola dunia membatalkan status tersebut untuk turnamen itu.

Melalui laman resminya hari Rabu (29/3) malam WIB, FIFA mengumumkan resmi mencopot status tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 dari Indonesia. Turnamen yang akan dihelat pada enam kota di Indonesia tersebut semula dijadwalkan berlangsung pada Mei-Juni 2023 setelah sempat tertunda akibat pandemi Covid-19.

FIFA mengambil keputusan untuk mencoret Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun ini seusai pertemuan antara Presiden FIFA Gianni Infantino dengan Ketua PSSI Erick Thohir.

Baca Juga:Cha Eun Woo Tolak Bermain Drama Bulk, Dikonfirmasi AgensiCocok buat Sahur Anak Kos, Resep Nasi Liwet Rice Cooker 30 Menit

“Menyusul pertemuan hari ini (Rabu 29 Maret 2023) antara Presiden, FIFA Gianni Infantino, dengan Ketua PSSI, Erick Thohir, berdasarkan situasi terkini, FIFA memutuskan untuk mencabut Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023,” bunyi pernyataan resmi FIFA di laman resminya.

Buntut pencoretan tersebut jelas adalah timnas Indonesia U-20 secara langsung gagal berpartisipasi dalam Piala Dunia -20 edisi ke 23 tersebut. Hal ini lantaran skuat Garuda muda Nusantara memastikan lolos dengan status tuan rumah

Lalu kini muncul pertanyaan apakah timnas Indonesia U-20 masih bisa mengikuti Piala Dunia U-20 2023 meski statusnya sebagai tuan rumah sudah dicopot? Melansir dari berbagai sumber, jawabannya adalah bisa tapi syaratnya memang berat.

Syarat yang pertama sudah tidak dapat diandalkan yaitu menembus babak semifinal Piala Asia U-20 2023 beberapa waktu lalu. Hokky Caraka dan kawan-kawan kehilangan kesempatan mengamankan slot via jalur ini karena mereka gugur sejak fase grup Piala Asia U-20 2023.

Sementara itu syarat nomor dua melambungkan harapan meski peluang terealisasinya pun sangat kecil. Indonesia masih punya slot di Piala Dunia U-20 2023 jika negara pengganti yang FIFA tunjuk sebagai tuan rumah baru sudah masuk dalam kejuaraan itu.

Permasalahannya, kedua negara calon tuan rumah baru, Argentina dan Peru, tidak masuk putaran final sehingga bisa menggantikan posisi timnas Indonesia U-20. Bahkan Argentina berpeluang paling besar karena berdasarkan laporan terakhir, FIFA bakal bertemu Federasi Sepakbola Argentina (AFA) terkait ketersediaan menjadi tuan rumah baru Piala Dunia U-20 2023.

0 Komentar