Rahasia Manfaat Kurma Bagi Kesehatan

Rahasia Manfaat Kurma Bagi Kesehatan
Ilustrasi Kurma (Foto: iStockphoto/Galiyah Assan)
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRES – Siapa sih yang tidak mengenal buah Kurma? Buah yang memiliki citarasa yang manis ini banyak banget loh manfaatnya.

Dilansir dari Medical News Today, buah yang biasanya banyak dikonsumsi pada waktu bulan puasa dan musim haji mempunyai tinggi kalori, walaupun tinggi kalori, buah ini menyimpan banyak rahasia nutrisi penting yang baik untuk tubuh.

Buah Kurma mengandung banyak antioksidan, potasium, gula alami, dan serat. Buah ini juga bisa menambah asupan vitamin B6, zat besi, magnesium, dan kalium.

Baca Juga:Asal Usul Istilah Takjil di Indonesia, Berikut Penjelasannya!Batasan Aurat Wanita Muslim Menurut Islam

Dengan banyaknya kandungan gizi tersebut, maka simak kandungan gizi dalam buah Kurma ini.

Manfaat kurma bagi kesehatan Konsumsi kurma dengan porsi sedang atau tidak berlebihan bisa memberikan manfaat bagi tubuh. Berikut beberapa di antaranya:

Membantu Melancarkan Persalinan

Menurut riset, ibu hamil yang rutin saat kehamilannya rutin memakan kurma di minggu-minggu akhir kehamilan dapat mempercepat proses persalinan. Studi terbatas pada 69 ibu hamil yang makan kurma enam butir setiap hari sebulan sebelum melahirkan, 20 persen di antaranya melahirkan secara alami dan proses persalinan lebih cepat daripada yang tidak makan kurma.

Meningkatkan Kesehatan Otak

Apabila rutin memakan kurma dapat menurunkan peradangan dan mencegah pembentukan plak di otak dilansir dari Health . Masalah kesehatan ini penyebab penyakit Alzheimer dan kematian sel-sel otak. Penelitian lain juga membuktikan, konsumsi buah ini bisa meningkatkan kemampuan berpikir, meningkatkan daya ingat, sampai mengurangi gangguan kecemasan.

Menangkal Radikal Bebas

Dilansir dari Health, kurma mempunyai banyak antioksidan alami seperti polifenol, karotenoid, tanin, dan sterol. Zat ini sangat bagus untuk melawan efek buruk radikal bebas penyebab stres oksidatif. Untuk diketahui, stres oksidatif adalah biang penuaan dini sampai peradangan penyebab penyakit kronis.

Melancarkan Buang Air Besar

Diketahui memakan tiga butir kurma bisa mencukupi hampir 20 persen kebutuhan serat per hari. Serat merupakan hal yang penting dalm tubuh untuk menjaga kesehatan pencernaan. Studi telah membuktikan, pria yang rutin makan kurma setiap hari selama tiga minggu cenderung tidak pernah mengalami sembelit. Mereka rutin buang air besar dengan kondisi tinjanya minim zat kimia biang kanker.

0 Komentar