6 Manfaat Kurma Menurut Sains, Salah Satunya Mengontrol Gula Darah

6 Manfaat Kurma Menurut Sains, Salah Satunya Mengontrol Gula Darah.
Ilustrasi 6 Manfaat Kurma Menurut Sains, Salah Satunya Mengontrol Gula Darah. Sumber Foto: Pixabay.
0 Komentar

Sukabumi Ekspres – Buah kurma menjadi primadona ketika bulan Suci Ramadhan tiba. Dari sudut pandang sains, ada enam manfaat buah bercitarasa manis tersebut dengan salah satunya yaitu mengontrol gula darah.

Kurma kerap banyak difavoritkan dan dicari selama bulan Ramadhan untuk pembatal puasa mau pun takjil sebelum menyantap hidangan lainnya. Apalagi mengonsumi kurma pun hukumnya sunnah sehingga umat Islam pastinya semakin ingin memakan buah yang satu ini.

Sebaliknya dari segi sains, kurma juga memiliki banyak manfaat. Berdasarkan sejumlah penelitian yang telah banyak peneliti di dunia lakukan seperti dilansir dari fst.bem.unair.ac.id, ada enam manfaat buah tersebut yang telah terbukti secara ilimah.

Daftar enam manfaat kurma menurut sains:

Baca Juga:Simak! Cara Berbuka Puasa yang Benar dan Sehat Versi MedisSinopsis The Amazing Spiderman 2, Blocksbuster Sahur Trans TV Kamis (30/3)

  1. Sumber serat untuk melancarkan pencernaan

Di dalam kurma terkandung serat yang merupakan sumber serat yang baik bagi tubuh. Serat baik yang tubuh serap, terutama pencernaan, membantu mencegah terjadinya sembelit.

  1. Mengontrol gula darah

Kandungan gula alami fruktosa dan glukosa ditambah dengan tingginya kandungan serat dalam kurma bermanfaat mengontrol gula darah. Serat mencegah kadar gula darah meningkat terlalu tinggi selepas makan. Adanya serat membuat buah yang sering dipanen pada musim gugur ini punya indeks glikemik rendah yang baik dikonsumi untuk mencegah diabetes.

  1. Kaya akan kandungan antioksidan dan berbagai vitamin

Kurma mengandung banyak senyawa antioksidan seperti tannin, lutein, zea-xanthin, serta beta-karoten, yang mana itu dapat mencegah sejumlah penyakit kronis. Senyawa antioksidan pada kurma melindungi sel-sel dalam tubuh dari radikal bebas, penyebab peradangan dan kerusakan organ. Buah ini mengandung Vitamin B3 untuk membantu mengobati pengidap insomnia. Lalu kandungan Vitamin B6 berupa asam panthotenic berguna mencegah kerusakan pada kulit yang disebabkan oleh radikal bebas.

  1. Membantu meningkatkan kesehatan otak

Kurma memiliki kandungan flavonoid yang dikenal bisa meningkatkan kesehatan pada otak dan mengurangi peradangan serta mencegah penyakit Alzheimer.

  1. Membantu proses persalinan

Mengonsumsi kurma pada ibu hamil dapat membantu proses persalinan mereka melalui kandungan tannin. Senyawa antioksidannya tannin dapat membantu meningkatkan dilatasi serviks serta memfasilitasi ibu hamil ketika proses mulai kontraksi sampai ke proses persalinan.

0 Komentar