Apa Itu Bore Up pada Mesin?

Apa Itu Bore Up pada Mesin?
Ilustrasi mekanik motor. (pixabay)
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRES – Para Pecinta motor, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah Bore Up. Bore Up merupakan istilah yang digunakan untuk menjelaskan modifikasi untuk menaikan kapasitas silinder motor. Untuk yang belum pernah memodifikasi motor pasti istilah ini masih asing diteinga anda.

Bore Up ini bertujuan untuk memperkuat tenaga motor. Tetapi dalam melakukan proses Bore Up tentunya ada keuntungan dan ruginya yang perlu diketahui.

Berikut penjelasan untung dan rugi dalam melakukan Bore Up pada Motor.

Baca Juga:Istri Dukun Pengganda Uang Banjarnegara Tak Tahu Aktivitas Sang SuamiTata Cara Mandi Wajib Menurut Islam

Sebelum mengetahui untung dan rugi dalam melakukan Bore Up pada motor, baiknya kita mengetahui dulu apa itu Bore Up pada Motor.

Bore up yaitu modifikasi yang dilakukan untuk meningkatkan diameter piston bawaan dari pabrikan. Nantinya piston akan memiliki ukuran yang lebih besar. Sebagai contoh sebuah kendaraan roda dua yang memiliki piston dengan diameter 51 mm.

Piston tersebut dianggap kurang bertenaga sehingga pemilik kendaraan melakukan bore up atau mengubah diameternya menjadi 53 mm. Perubahan tersebut nantinya akan meningkatkan cc dari kendaraan tersebut.

Misalnya kendaraan yang tadinya 150 cc akan berubah menjadi 220 cc. Bisa juga pada kendaraan 200 cc menjadi 300 cc. Peningkatan ini tergantung pada keinginan pemilik kendaraan. Jadi secara umum sudah paham kan apa itu bore up?

Dalam penggunaan Bore Up pastii terdapat proses pemasangannya. Saat melakukan proses pemasangan bore up pada motor, mengubah diameter piston ini melibatkan banyak bagian. Apabila sudah dilakukan, maka tak bisa dikembalikan seperti semula dari pabrikan.

Proses penggantian ini tidaklah mudah dan harus dilakukan oleh orang yang ahli. Selain itu, sebagai pemilik kendaraan Anda juga harus tahu keuntungan dan kelemahan yang akan didapatkan nantinya. Karena tidak sedikit juga kendaraan yang gagal melalui proses bore up.

Kendaraan yang masuk proses bore up biasanya membutuhkan waktu selama satu mingguan. Mesin akan melalui proses bubut, menyesuaikan kompresi piston, sampai penyetelan jalur oli dan karburator.

0 Komentar